Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Puluhan Model Tampilkan Batik Berbagai Motif Karya Pelaku UMKM
Senin, 09-10-2017 | 10:49
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Banyak cara dilakukan untuk memperkenalkan batik khas daerah. Di Kabupaten Probolinggo, puluhan model memperkenalkan batik berbagai motif hasil karya pelaku Usaha Kecil Menengah di pagelaran fashion batik on the street.

Para model satu persatu memamerkan batik khas Kabupaten Probolinggo, di sepanjang trotoar alon alon Kota Kraksaan, Probolinggo. Kain batik yang dibawa puluhan model ini bukanlah batik yang dibuat pabrik kelas kenamaan, melain kain batik ini merupakan hasil karya pelaku usaha kecil menengah Kabupaten Probolinggo.

Meski buatan pelaku usaha kecil, namun kain batik ini tak kalah dengan batik yang sudah tenar, baik dari segi kain maupun motifnya. Setidaknya ada 33 motif batik yang dipamerkan dalam fashion batik on the street ini, 33 berbagai motif batik ini dibuat oleh pelaku ukm dari 24 kecamatan se Kabupaten Probolinggo.
 
Uniknya motif batik ini merupakan khas dari kecamatan masing masing, mulai batik ronggo jalu, pasir berbisik, probolinggih, dewi rengganis, gunung bromo dan masih banyak lagi.

Yang membedakan batik pekalongan dengan batik Pendalungan Probolinggo, yakni motif dan warna. Batik pendalungan berwana lebih berani yakni berwarna nyoran, seperti hijau, merah, oranye dan biru.

Dalam fashion batik ini ratusan fotografer sangat antusias mengabadikan hasil karya warga asli Probolinggo. Menurut Shirelta, salah satu model, dia sangat bangga belakangan ini banyak daerah yang memperkenalakan batik asli daerah dengan motif yang berbeda dengan batik pada umumnya.
 
Sementara itu menurut Timbul Prihanjoko, Wakil Bupati Probolinggo, secara ekonomi banyak pelaku usaha rokok rumahan beralih menjadi pembatik. Bahkan saat ini 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo ada usaha membatik.

"Diharapkan kedepan semakin banyak lagi pelaku usaha kecil yang menjadi pembatik dan bisa dipasarkan hingga ke pasar nasional dan internasional," kata Timbul Prihanjoko. (pul)

Berita Terkait


Tanpa Busana, Model Malaysia Terjun Bebas dari Lantai 20

Puluhan Model Tampilkan Batik Berbagai Motif Karya Pelaku UMKM

Model Cantik Ini Menghiasi Keindahan Situs Kerajaan Mojopahit

Tangan Kreatif, Limbah Sampah Didaur Ulang Menjadi Sebuah Kostum Anggun


Model Cantik Ini Menghiasi Keindahan Situs Kerajaan Mojopahit

Sidang Penganiayaan, Model Cantik Dituntut Enam Bulan Penjara

Dituduh Aniaya, Model Cantik Disidang di PN Surabaya

Dari Spot ke Spot, Komunitas Fotografi dan Model Surabaya
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1822505','2017-12-18','12:24:02','53629','Puluhan Model Tampilkan Batik Berbagai Motif Karya Pelaku UMKM','54.83.122.227','1','desktop')