Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Wisnu G. Yulianto, Manager Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PLN Distribusi Jatim
PLN Siapkan 40 SPLU Untuk Kendaraan Listrik
Jum'at, 06-10-2017 | 08:18 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Upaya pemerintah dalam memproduksi kendaraan listrik disambut baik oleh PLN, sebagai perusahaan penyedia listrik. Sebab bisa mengurangi emisi gas buang, dan lebih ramah lingkungan. Karena hal itulah PLN mendukung kebijakan pemerintah dengan menyiapkan infrastruktur pendukung kendaraan listrik yaknj SPLU.

Sebanyak 40 SPLU telah terpasang di 10 kabupaten di Jatim. yakni Banyuwangi 4 titik, Surabaya Barat 2 Titik, Surabaya Utara dan Kediri masing-masing 8 titik, Madiun 4 titik, Serta Pamekasan, Situbondo, Mojokerto, dan Pasuruan masing-masing 2 titik.

40 SPLU tersebut dibuat dengan 2 kwh meter dimana investasi untuk 1 SPLU menelan biaya Rp 8,1 juta. Rencananya, 26 SPLU tambahan yang tengah dalam proses pembangunan akan dibuat 4 kwh meter dengan nilai investasi per 1 SPLU mencapai Rp 17,5 juta dan ditargetkan rampung Desember mendatang.

Wisnu G. Yulianto, Manager Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PLN Distribusi Jatim menyebutkan, investasi untuk kendaraan listrik memang sedikit lebih mahal dibandingkan kendaraan bermotor lainnya. Namun, untuk pemakaiannya terhitung lebih hemat. Ini dilihat dari kemampuan charging kendaraan listrik selama 3 jam membutuhkan 6-8 kilo watt hour (kwh) yang bisa digunakan untuk berkendara sejauh 60 kilometer. Dimana harga perkwh hanya Rp 1.400 rupiah. "SPLU ini dibangun ditempat strategis untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik untuk melakukan charging," kata Wisnu.

Diakui Wisnu, saat ini pembangunan SPLU terbatas di 16 wilayah kerja PLN distribusi Jatim saja. Namun tidak menutup kemungkinan akan bertambah di daerah lain yang ada di Jatim seiring masifnya produksi kendaraan listrik. Sehingga pada 2018, rencana total 88 SPLU bisa terbentuk. (pul)

Berita Terkait


Listrik Sering Padam, Warga Demo Kantor PLN Bangkalan

Tagihan Listrik Melonjak, Warga Protes Kantor PLN

Paksa Warga Migrasi ke Non Subsidi, PLN Pacitan Menganggap Sudah Sesuai Aturan

Korban Bencana Protes Kewajiban Tambah Daya Listrik


Tabungan Umroh Amblas Dicuri Petugas PLN Gadungan

Listrik Diputus, Sejumlah Pemuda Lurug Kantor PLN

PLN Ganti Kabel, Listrik Sebagian Kota Ngawi Padam

Agresif Bangun Infrastruktur Kelistrikan PLN Target Gaet 11 Juta Pelanggan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber