Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Sukses Kembangkan Tanaman Benua Amerika, Ari Kharisma Raup Puluhan Juta
Jum'at, 06-10-2017 | 04:14
Oleh : Edwin Jaka
Surabaya pojokpitu.com, Seorang pemuda sukses membiakan bunga pemakan daging, atau tanaman karnivora. Tanaman endemik pemakan serangga yang tumbuh subur di Benua Amerika ini, berhasil dibiakan melalui teknik sederhana yang menggunakan media pot.

Tumbuhan itu Sundews Drosera, Genus Sarracenia, hingga beragam jenis bunga dengan yang meliki gerigi runcing. Seperti Venus Fly Trap. Beberapa diantara jenis tanaman pemakan daging yang tumbuh di halaman rumah Ari Kharisma, pemuda asal Lebak Indah Regency , Surabaya Jawa Timur.

Sudah dua tahun ini, Ari telah membudiyakan puluhan jenis , endemik tanaman karnivora yang berasal dari sejumlah benua. Salah satunya yakni jenis Venus Fly Trap yang berasal dari dataran North Carolina Amerika.

Tanaman super mini dengan ukuran hanya mencapai antara lima hingga lima belas centimeter ini, di ujung tangkainya terdapat dua sisi daun yang memiliki gerigi runcing.  Fungsinya, untuk mengunci serangga yang hinggap dan menyentuh bulu sensorik di dalamnya .

Berbeda dengan Genus Fly Trap, untuk memangsa serangga jenis drosera justru menggunakan tentakel tentakel halus, yang memiliki cairan lengket yang memiliki aroma manis. Rata rata, tanaman karnivora ini membutuhkan waktu antara satu hingga tiga hari, untuk menghisap nutrisi serangga hingga kering.

Seluruh tanaman koleksi Ari ini, dikembang biakan dengan teknik sederhana. Yakni hanya cukup memotong bagian dalam ruas daun, dan ditancapkan wadah baru. Berisi media gambut yang direndam dengan air dnegan kadar PH rendah.

Untuk harga tanaman karnivora ini berkisar mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah sesuai dnegan jenis endemiknya. Tanaman ini juga tidak tumbuh di dalam tanah melainkan di dalam gambut lembab yang tergenang dalam air dengan kandungan tds rendah.

Saat ini, Ari Kharisma telah membiakan ratusan jenis tanaman venus fly trap, yang disebar di pot kecil. Termasuk koleksi terbarunya, yakni kantung semar endemik Kalimantan. (pul)

Berita Terkait


Sukses Kembangkan Tanaman Benua Amerika, Ari Kharisma Raup Puluhan Juta

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1775363','2017-12-16','08:30:10','53496','Sukses Kembangkan Tanaman Benua Amerika, Ari Kharisma Raup Puluhan Juta','54.90.92.204','1','desktop')