Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Bagi suku osing Banyuangi udeng dikenal dengan gajah oling . Yakni udeng dengan dua sisi ikat berdiri dua sisi mirip tanduk sapi. Foto Arip
Filosofi Udheng, Ikat Kepala Khas Nusantara Simbol Kehormatan
Kamis, 05-10-2017 | 20:11
Oleh : Arip Purwanto
Surabaya pojokpitu.com, Udeng penutup kepala ataupun ikat kepala yang terbuat dari kain dengan ragam motif batik di tanah jawa dan sebagian daerah di nusantara . Setiap daerah memiliki cara dan ragam berbeda cara mengenakanya.

Dari sorban di tanah arab , kipppa etnik  yahudi , hingga udheng yang asli nusantara. Berdasarkan catatan sejarah penyebaranya, udeng dikenal dari tanah Aceh, Jawa, Bali hingga tanah sumba di Nusa Tenggara, tentunya dengan motif serta cara pemakian yang berbeda .

Bagi suku osing di Banyuangi corak udheng akrab dikenal dengan gajah oling. Yakni udeng dengan dua sisi ikat berdiri dua sisi mirip tanduk sapi. Bagi kaum pria di tanah osing Banyuwangi mengenakan udheng adalah suatu kewajiban, baik dalam acara sakral ritual keagamaan hingga acara keluarga.

Ada sejumlah motif dan bentuk udheng yang dikenal, diantaranya gajah oling, gedekhan, dan kangkung setingkes. Tradisi khas masarakat osing banyuwangi ini saat ini telah merambah tanah eropa dan mulai dikenal di Jerman dan Austria. Salah satu budayawan osing banyuwangi kolektor udeng khas tanah osing ini kini memamerkan ragam udeng miliknya di museum House of Samporna Surabaya.

Bagi anda yang penasaran cara mengenakan udheng. Datang saja ke museum House Of Samporna, di jalan Samporna  Surabaya. Anda akan di pandu cara mengenakan udheng layaknya pria suku di tanah osing yang kini mulai dikenal di mancanegara. (pul)

Berita Terkait

19-09-2017 | 12:47
Ternyata Banyak Filosofi Kehidupan Dari Bonsai

06-10-2015 | 10:25
Mari Menyibak Filosofi Tema HUT 70 TNI

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber