Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Olah Raga 

ITDBI , Pembalap Iran Kuasai Etape Ketiga Jalur Neraka
Jum'at, 29-09-2017 | 18:24
Oleh : Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Etape ketiga kali ini memang bakal melintasi rute paling berat, yakni mendaki jalur di lereng Gunung Ijen dari garis start di Muncar sepanjang 116,3 km.

Tingkat ketinggian daratan yang mereka hadapi juga cukup ekstrim. Dari Muncar yang tinggi daratannya hanya 6 meter di atas permukaan laut (MDPL) mereka harus bersepeda hingga ketinggian 1.880 MDPL.
 
Tak cukup sampai di situ, mereka harus menghadapi dua tanjakan pembuka sebelum menghadapi jalur Ijen, yakni tanjakan kategori empat di Jambesari dan tanjakan kategori tiga di Kalibendo.
 
Kolahdouzhagh menuntaskan balapan sepanjang 116.3 kilometer dari Muncar menuju Paltuding, Ijen dengan catatan waktu 3 jam 35 menit dan 7 detik. Ia unggul 51 detik dari Hosseini yang finish kedua, dan rider asal Kolombia Victor Nino Corredor (Sapura) yang menempati peringkat ketiga.
 
Jalannya balapan di etape ketiga diwarnai aksi break away sejak awal lomba. Bambang Suryadi (BRCC), Samuel Volkers (CCN), Ali Khademi (Pishgaman), Jay Dutton (St George), Goh Choon Huat (Terengganu) sempat memimpin lomba dengan gap lebih dari 5 menit dengan rombongan besar.
 
Komposisi pembalap kembali terpecah ketika memasuki jalanan tanjakan. Kemudian tiga pembalap break away pada 30 kilometer menjelang finish. Mereka adalah Jay Dutton (St George), M. Azman (Sapura) dan Samuel Volkers (CCN) dengan gap lebih dari dua menit.
 
Para pembalap kembali terurai saat memasuki dua tanjakan paling curam atau 15 kilometer menjelang garis finish. Setelah menaklukkan tanjakan terberat, lima pembalap langsung saling menaklukkan hingga garis finish. Mereka adalah Amir, Reza Hosseini, Nino Corredor, Rebellin dan Lois Desriac.
 
Sementara itu, pembalap asal Indonesia Jamalidin Novardianto berhasil meraih Green Jersey sebagai tanda raja sprinter. Posisi Best Indonesian Rider yang ditandai dengan Red And White Jersey diambil alih oleh Jamal Hibatullah pada etape tiga ini.
 
Menurut Chairman ITDBI, Guntur Priambodo, sejak pertama dari start, pembalap dari Iran sudah memperlihatkan kemampuannya dibanding team lain, di etape ke tiga ini mereka lebih unggul. (end)

Berita Terkait

28-09-2017 | 22:06
Pembalap BRC Naik Podium


Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber