Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Awas Tertipu Kabar Bagi - Bagi Paket Internet
Kamis, 28-09-2017 | 08:13 wib
Oleh :
pojokpitu.com, Belakangan, grup-grup WhatsApp banyak dibanjiri kabar bagi-bagi paket internet 50 GB 4G dari sejumlah operator.

Kalau di grup percakapan Anda muncul pesan yang sama, mungkin teman Anda yang menyebarkan pesan itu sedang termakan tipuan.

Ya, tipuan tersebut berupa iming-iming paket internet 50 GB 4G dari sejumlah operator. Mulai Telkomsel, Axiata, Indosat, Smartfren, sampai yang tak ada di Indonesia, Hutchison.

Tipuan itu memanfaatkan link dengan domain 50GB-gratis-internet.ml. Ketika link tersebut diklik, Anda akan diarahkan untuk memasukkan nama, nomor telepon, dan pilihan paket data yang diinginkan.

Lucunya, berbagai operator yang tidak ada di Indonesia tersedia dalam menu pilihan. Misalnya, Hutchison, Vodafone, Singtel, Maxis, dan T-Mobile. Padahal, brand domain yang disebarkan berbahasa Indonesia. Yakni, 50GB-gratis-internet.ml.

Ketika Anda selesai mengisikan data yang mereka minta, Anda akan diarahkan ke halaman baru. Di sana muncul perintah untuk menyebarkan informasi palsu itu ke sembilan grup WhatsApp yang aktif.

"Berbagi dengan WhatsApp grup Anda sehingga mereka juga bisa mendapatkan internet data unlimited untuk 2017," tulis pesan di situs itu.

Meski pada akhirnya Anda menyebarkan pesan itu, pulsa atau paket data yang dijanjikan tidak akan pernah ada. Situs tersebut sangat mungkin dibuat hanya untuk mendapatkan data nomor telepon.

Data seperti itulah yang laku dijual untuk keperluan telemarketing. Jadi, jangan heran kalau Anda pernah dihubungi pihak tertentu untuk menawarkan sesuatu.

Mungkin mereka mendapatkan nomor telepon Anda dengan cara-cara culas seperti di atas.(gun/eko/c17/fat/jpnn/end)

Berita Terkait


Awas Tertipu Kabar Bagi - Bagi Paket Internet


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber