Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

BPS Jatim Rumuskan PDRB Ekonomi Kreatif
Rabu, 27-09-2017 | 07:15 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim tengah merumuskan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Ekonomi Kreatif (Ekraf). Ini dilakukan untuk melihat kontribusi ekraf dalam perekonomian Jawa Timur.

Selama ini, ekraf hanya tercatat ke dalam produk domestik bruto, yang menyumbang 8 persen pertumbuhan ekonomi nasional. 

Meski tidak signifikan, ekraf memiliki peran penting dalam kenaikan pertumbuhan ekonomi, lantaran memiliki massa cukup besar dalam prosesnya. 

Dari 16 subsektor ekraf, kuliner, fashion, dan kerajinan merupakan subsektor unggul yang paling mendominasi. Hal ini dilihat dari tumbuhnya pelaku usaha yang berkreasi di ketiga bidang tersebut. 

Dengan pertumbuhan yang masif, Badan Ekonomi Kreatif bahkan menargetkan ekraf tumbuh 12 persen pada 2019 mendatang.

Sayangnya, meski berpotensi besar dalam menyumbang perekonomian, dari 34 provinsi yang ada, baru 5 provinsi yang saat ini tengah menyusun PDRB ekraf. 

"Jawa Timur menjadi satu dari lima provinsi yang terpilih lantaran memiliki karakteristik ekonomi kreatif yang beragam. Baik dari segi kuliner, fashion, kerajinan, dan 13 subsektor lain," tutur Teguh Pramono, Kepala BPS Jatim. 

Diakui Teguh, penyusunan PDRB ekraf memiliki sejumlah kendala. Salah satunya, proses survey antar perusahaan yang kerap terjadi lag, membuat penyusunan PDRB ekraf terhambat. 

Meski begitu, Desember 2017, BPS Jatim menargetkan PDRB ekraf bisa selesai disusun dan dilihat pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi Jawa Timur.(end)

Berita Terkait


BPS Jatim Rumuskan PDRB Ekonomi Kreatif

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua