Berita Terbaru :
Banyak Pelanggar, Polisi Edukasi Pelanggar Dengan Diberi Masker dan Helm
Long Weekend, KWJ Mulai Dipadati Wisatawan
Kisah Nenek 105 Tahun Sembuh Covid-19
   

Festival Semeru Suku Tengger Digelar di Ranupani
Life Style  Minggu, 24-09-2017 | 21:22 wib
Reporter : Achmad Arif
Lumajang pojokpitu.com, Festival Semeru diawali arak -arakan tumpeng dan hasil bumi keliling Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Lumajang, berbagai tumpeng dan hasil bumi tersebut kemudian dibawa ke lapangan terbuka di dekat Danau Ranupani. Di sini, dukun adat membacakan mantra keselamatan untuk seluruh warga desa setempat.

Usai prosesi adat, berbagai atraksi budaya lokal mulai dari tari jaranan, remo, tayub, dan bantengan, ditampilkan dalam acara tersebut. Terakhir, berbagai tumpeng dan hasil bumi diperebutkan warga dan para wisatawan yang menyakiskan acara tersebut. Demikian dikatakan Indrianto, Kabid Seni dan Budaya Lumajang.
 
Bupati Lumajang, Asat, mengatakan, Festival Semeru tahun ini merupakan kedua kalinya digelar di tempat ini. Harapannya, event tersebut menjadi strategi untuk mempromosikan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat adat Suku Tengger, khususnya di Desa Ranupani dan potensi Gunung Semeru kepada masyarakat luar daerah. Sebab, Desa Ranupani merupakan jujukan para pendaki Gunung Semeru dari berbagai daerah, sebelum naik ke Puncak Mahameru.  

Festival Semeru menyedot perhatian ribuan pengunjung. Para pengunjungdatang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan manca negara. Gunungan tumpeng yang disediakan dalam arak - arakan ini, juga menjadi rebutan warga.

Diharapkan dengan adanya Festival Semeru tersebut, memberikan dampak positif khususnya pada kesejahteraan masyarakat dari sisi ekonomi berbasis wisata dan budaya tanpa meninggalkan niat adat yang sudah ada.(end)
 



Berita Terkait

Festival Semeru Suku Tengger Digelar di Ranupani

Suku Tengger Gelar Festival Semeru
Berita Terpopuler
Kisah Nenek 105 Tahun Sembuh Covid-19
Covid-19  3 jam

Long Weekend, KWJ Mulai Dipadati Wisatawan
Malang Raya  1 jam



Cuplikan Berita
Kapal Motor Muatan Solar Terbakar di Dermaga Pulau Gili Ketapang
Pojok Pitu

Jalan Penghubung Antar Kecamatan Longsor, Kendaraan Roda 4 Tidak Bisa Melintas
Pojok Pitu

Truk Penambang Pasir Terseret Banjir Lahar Semeru
Jatim Awan

Terjatuh Dari Motor Curiannya, Pelaku Babak Belur Dimassa
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber