Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Pelepah Pisang Disulap Jadi Kaligrafi Bernilai Ekonomis
Minggu, 24-09-2017 | 02:26 wib
Oleh : Sujarismanto, Agung Prawoto,
Pacitan pojokpitu.com, Pelepah pisang yang umunya hanya dibuang, kini bisa di manfaatkan menjadi kerajinan bernilai ekonomis. Seperti yang dilakukan salah satu pria yang juga berprovesi sebagai pedagang sapi ini.

Adalah Muhamad Syafii, warga Dusun Tlogo Desa Klesem Kecamatan Kebonagung Pacitan. Di tangan pria ini, pelepah pisang yang mengering, bisa  di olah  sehingga menjadi  produk   yang  bernilai  ekonomis.
 
Pasca operasi usus buntu yang dideritanya, pria 35 tahun ini tak punya pekerjaan tetap. Karena kondisi fisiknya yang masih  belum memungkinkan. Iapun tak lantas berpangku tangan, mengingat kebutuhan keluarga  semakin mendesak. Dengan menggali ide kreatif, pria jebolan pondok Pesantren  Al-Falah di Kota Blitar mencoba memanfaatkan pelepah pisang yang mengering sebagai media lukisan kreatif.
 
Cara membuatnya pun terbilang cukup rumit, karena bahan mudah tersobek. Pemilihan warna pelepah pisang yang tepat juga menjadi penentu hasil lukisan dan kaligrafi yang di buat. Tidak hanya pepelah pisang saja, daun pohon pisang pun juga dapat diterapkan dalam kaligrafi uniknya.

Setelah pola lukisan kaligrafi terbentuk, barulah kaligrafi setengah jadi ditempel pada media papan berwarna hitam guna menjaga warna kontras. Kaligrafi yang selesai di tempel, membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk proses pengeringanya. Lalu, setelah lukisan di berikan bingkai pigura, kemudian kaligrafi unik ini di poles menggunakan cat penggilap warna agar lebih menarik.
 
Menurut Muhamad Syafii, sejauh ini kaligrafi karyanya dijual kepada tetangga sekitar rumahnya. Dengan harga mulai dari Rp 20 ribu. Bapak 2 anak ini berencana melejitkan usaha kreatifnya. (pul)



Berita Terkait


Pelepah Pisang Disulap Jadi Kaligrafi Bernilai Ekonomis


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber