Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Perajin Gula Kelapa Terancam Bangkrut
Sabtu, 31-01-2015 | 14:17 wib
Oleh : Moch Asrofi
Blitar pojokpitu.com, Para perajin gula kelapa di Kabupaten Blitar mengeluh. Pasalnya hujan yang terus menerus mengakibatkan produksi gula turun dratis . Hal ini disebabkan pohon kelapa licin , serta kwalitas air nira yang dihasilkan juga buruk karena bercampur air hujan .

Hujan yang berkepanjangan sejak hampir dua bulan terakhir , membuat para perajin gula di Kabupaten Blitar mengeluh.  Pasalnya, omzet produksi gula kelapa turun dratis, karena penderes kesulitan memanjat pohon kelapa yang licin. Selain itu, kwalitas air nira yang dihasilkan sangat jelek bercampur dengan air hujan . Kondisi ini diperparah, dengan perajin yang kesulitan mencari bahan bakar kayu kering lantaran musim hujan .

Sulis  perajin gula kelapa asal Desa Sumberjo Kecamatan Sanan Kulon Blitar mengaku, sejak musim hujan, omzet produksi gula kelapa  turun 25 persen dari hari biasa . Banyak faktor penyebab diantaranya. Pohon kelapa yang licin  menyulitkan penderes untuk memanjat , kualitas air nira yang dihasilkan sangat buruk serta sulit mencari kayu bakar .

"Meski kondisi ini tetap harus bertahan , meski penghasilannya berkurang jauh.karena tidak ada pekerjaan lain yang bisa dilakukan para perajin gula kelapa ini," kata Sulis Imroatin  perajin gula kelapa.

Sedangkan untuk harga gula kelapa ,tidak terpengaruh dengan musin penghujan. Harga gula kelapa saat ini ditingkat produsen masih bertahan di harga Rp 11 ribu perkilogramnya. Hanya saja, saat ini omzet pesanan gula kelapa masih berkurang lantaran belum memasuki musim hajatan .(pul)



Berita Terkait


Menolak Punah, Perajin Kelompen Bertahan Hingga Empat Generasi

Banjir Membuat Perajin Tenun Gresik Sarung Merugi

Mengenal Kholil Jamhari, Pemuda Kreatif Perajin Biola

Jelang Natal, Perajin Patung Yesus Kebanjiran Order


Mengenal Kholil Jamhari, Pemuda Kreatif Perajin Biola

Jelang Natal, Perajin Patung Yesus Kebanjiran Order

Perajin Rotan Bertahan di Tengah Produk Olahan Pabrik

Mendes PDTT Minta Pemerintah Tidak Merugikan Perajin Tahu
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber