Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Besi Bekas Diubah Menjadi Berbagai Miniatur Robot
Selasa, 19-09-2017 | 07:15
Oleh : Arip Purwanto
Surabaya pojokpitu.com, Karakter tiga dimensi, berupa leak, predator, tentara, dan sang proklamator ini tak disangka terbuat dari barang - barang bekas yang sering kita temui.

Di tangan Muhammad Tamim (34) warga Tambak Mayor ini, barang bekas seperti dinamo, mesin jahit, rantai , dan besi motor bisa diubah berbagai macam miniatur robot dengan karakter sesuai yang kita inginkan.

Tamim sehari-hari menjadi penjual barang bekas di Pasar Loak, namun satahun terakhir ini ia menekuni talenta, membuat miniatur robot dan karakter.

Berawal dari bosan dan stress, karena penjualan barang bekas yang mulai menurun, Tamim akhirnya memutuskan untuk mencoba memanfaatkan barang bekas yang ada dilapaknya .

Seperti halnya membuat kura-kura ini, hanya bermodal potongan besi bekas dan mur baut, Tamim memotong setiap besi dan dibentuk sesuai alur, lalu dihaluskan dengan menggunakan gerenda.

Uniknya lagi, teknik yang digunakan Tamim berbeda dengan teknik perupa lainnya yang biasanya menggunakan las, tapi Tamim melakukan pengeboran besi atau melubangi besi untuk dipasang baut. Teknik ini yang biasa disebut knock down atau bongkar pasang ini tidak semua perupa atau seniman dapat melakukannya.

Lapak yang dinamai seni menembus batas imajinasi ini sudah menghasilkan 50 karya, baik miniatur karakter mini, hingga raksasa atau setinggi 10 meter.

Karya Tamim yang tidak biasa ini, kini sudah dilakukan pemasaran secara massal, baik pameran maupun penjualan secara online. Karya miniatur yang paling memiliki peminat berupa leak, predator, dan tentara, karena bentuknya yang unik.

Andi Respati, kolektor barang antik sekaligus manager pemasaran daur ulang logam bekas ini, takjub melihat karya yang jarang ditemui di Indonesia, dengan teknik knock down atau bongkar pasang.

Harga miniatur karakter dari mobil, sepeda motor, pesawat hingga miniatur robot dihargai dari Rp 1 juta hingga Rp 20 juta, tergantung tingkat kesulitan dan waktu pengerjaan.(end)

Berita Terkait


Robot Competition, Asah Kemampuan Pelajar Merancang Robot Lego

Warga Protes, Tanah Diserobot Pabrik PT Quality Work

Santriwati Asal Mojokerto Juara Lomba Robotika di Jepang

Harumkan Nama Bangsa, Empat Santri Juarai Kontes Robotic Games di Osaka Jepang


Robot Terbang Karya Mahasiswa ITS Siap Berlaga di KRTI

Perhutani Gagalkan Upaya Penyerobotan Lahan dan Penebangan Kayu

Tanah Diserobot, Puluhan Warga Nekat Tutup Akses Jalan Desa

Besi Bekas Diubah Menjadi Berbagai Miniatur Robot
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber