Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Opini 

Surabaya Sangat Layak Masuk Kota Literasi dan Gastronomi
Selasa, 12-09-2017 | 15:35
Oleh : Jamhadi Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin)
Surabaya pojokpitu.com, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya telah mendukung Kota Surabaya masuk jejaring kota kreatif yang dibentuk United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco). Kota Surabaya sangat pantas bisa masuk ke dalam Jejaring Kota Kreatif Unesco

Namun sangat menyesalkan tidak ada daftar Kota Surabaya di dalam blue print Unesco. karena Kota Surabaya belum mengajukan diri ke Komisi Nasional Indonesia untuk Unesco (KNIU) selaku badan yang membawahi Jejaring Kota Kreatif Unesco di Indonesia.

Untuk masuk ke dalam Jejaring Kota Kreatif Unesco, salah satu hal yang harus dilakukan Kota Surabaya ialah minimal harus mengajukan salah satu dari tujuh kategori yang dicover UCCN.

Ketujuh kategori tersebut meliputi craft and folk art (kerajinan dan kesenian rakyat), desain, film, gastronomi, literatur, media art, dan musik. Dari 7 kategori itu, Kota Surabaya harus bisa memprioritaskan kategori mana yang perlu dijadikan ikon Kota Surabaya untuk masuk Jejaring Kota Kreatif Unesco.

Selain itu, tata cara untuk menentukan Kriteria kota dengan survey dan questioner dengan melibatkan ABCG, Akademisi Business Community dan Goverment. "Saya sangat yakin Surabaya berpotensi dan cocok mendapatkan kota literasi dan Gastronomi,"

Dengan masuk ke jejaring kota kreative Unesco bisa dapat beberapa manfaat ekonomi dan Kebanggaan sebagai icon creativ klas dunia. Dari beberapa kriteria sesuai Standart Unesco menujukan, bahwa porsi 46 persen PDRB di jasa Perdagangn hotel restaurant. Serta sudah ada Dukungan gastronomi yang sekaligus memiliki Literasi yang bagus.

Syarat gastronomi Itu meliputi warganya memiliki keahlian seperti memasak dan kuliner. Surabaya sendiri punya sentra-sentra Kuliner maupun kampung-kampung sentra kreatif. Seperti kampung lonthong, kampung kue. Apalagi pertumbuhn Surabaya diwarnai konsumsi sekitar 60 persen, atau 4 persen dari 7 persen mempengaruhi pertumbuhn ekonomi.

Sampai saat ini, KADIN Surabaya telah mendorong Surabaya agar masuk Jejaring kota creative Unesco. Sebab ada bukti bahwa kota creative dan innovative Itu telah dimiiki penduduk surabaya yang Sejahtera dengan income per capita sangat layak.

Indikator yang mendukung lain, Surabaya dan Jatim memiliki lebih 330 Universitas bagus dan jurusan IT, yang bisa support ke surabaya agar masuk jejaring creative city versi Unesco..

"Di dunia ini baru ada 116 kota yang masuk Jejaring creative city Unesco, termasuk Pekalongn dan Bandung, padahal Surabaya tidak kalah kreatif dibanding Bandung,". (pul)

Berita Terkait


Pangdam V Brawijaya Luncurkan Si Mokos untuk Anak-Anak di Pelosok

Surabaya Sangat Layak Masuk Kota Literasi dan Gastronomi

Peringati Hari Literasi, Ratusan Siswa Tulis Surat untuk Presiden Joko Widodo

Reuni Literasi Trenggalek, Literasi Sebagai Basis Ekonomi Kreatif


Reuni Literasi Trenggalek, Literasi Sebagai Basis Ekonomi Kreatif

Surabaya Menjadi Contoh Literasi Baca

Indeks Literasi Saham Naik Jadi 4,4 Persen

Wawali WS Gelorakan Budayakan Literasi
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber