Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Pemprov Akan Telusuri Keterlambatan Penerbitan Surat Keterangan Hasil Ujian SMK Kelautan Puger
Sabtu, 09-09-2017 | 00:06 wib
Oleh : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Pemerintah Propinsi Jawa Timur akan menelusuri keterlambatan surat keterangan hasil ujian di SMK Kelautan Puger Jember.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Saefullah Yusuf di hadapan ratusan siswa siswi SMK Kelautan Puger. Diketahui puluhan SKHU milik siswa siswi yang sudah lulus sempat terlambat sekitar 3 bulan lamanya.

Meski kasus Surat Keterangan Hasil Ujian sudah selesai, kejadian seperti ini hendaknya menjadi perhatian serius pemerintah. Karena keterlambatan ini juga menghambat siswa dan siswi untuk bekerja ataupun melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

Pemerintah Propinsi Jawa Timur yang sekarang menaungi seluruh sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan se Jawa Timur berjanji akan menelusuri masalah ini. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Saefullah Yusuf saat berkunjung ke SMK Kelautan Puger Jember.

"Akan menelusuri masalah keterlambatan penerbitan SKHU, Pemprov akan mendorong percepatan penerbitan karena waktu 3 bulan dirasa cukup lama hanya untuk penerbitannya," kata Saefullah Yusuf.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Kelautan Puger, Kuntjoro Basuki, mengatakan bahwa permasalahan SKHU hanya satu dari beberapa permasalahan yang dihadapi SMK. Yang paling utama, lowongan pekerjaan bagi siswa siswi lulusan SMK kelautan di Indonesia masih sangat minim.  "Diperlukan regulasi dari pemerintah agar perusahaan perusahaan dalam negeri mau menerima lulusannya," kata Kuntjoro Basuki.

Diketahui 75 persen lulusan dari SMK Kelautan Puger Jember, bekerja di luar negeri karena tidak adanya lowongan yang mencukupi di dalam negeri. (pul)

Berita Terkait


Pelajar SMKN Tuban Ciptakan Alat Pendeteksi Narkotika Mirip Pena

40 Persen Kualitas Lulusan SMK di Jatim Belum Terstandar

Tahun 2019, SPP SMA,SMK Negeri dan Swasta di Jatim Digratiskan

Di SMKN 1 Arosbaya, Orang Tua Siswa Baru Wajib Ikut Pra MPLS


Pelajar SMKN Tuban Ciptakan Alat Pendeteksi Narkotika Mirip Pena

Dana Pendidikan untuk SMK di Jatim Capai Rp 700 Milyar

Khofifah Yakin 2019 Biaya SPP SMA/SMK Gratis

Cegah Nilai UN Makin Jeblok, MKKS SMK Buat Bank Soal Digital
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber