Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Slamet Riyadi, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Probolinggo
Hampir Seratus Ribu Akta Kelahiran Belum Terdata di Dirjen Kependudukan
Selasa, 05-09-2017 | 16:23 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Hampir seratus ribu akta kelahiran usia nol sampai 18 tahun di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur masih belum terdata di Dirjen Kependudukan Kementerian Dalam Negeri. Dengan kondisi ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat akan mengirim tim ke Kementrian Dalam Negeri.

Data dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kementrian Dalam Negeri, Kabupaten Probolinggo, baru menyelesaikan pembuatan akta kelahiran sekitar 68 persen saja.
 
Data tersebut dibenarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Probolinggo. Data yang ada, anak berusia 0 sampa 18 tahun di Kabupaten Probolinggo yang harus memiliki akta kelahiran sekitar 309.749 warga.

Sampai sejauh ini, hingga tanggal 28 Agustus, anak berusia 0 sampai 18 tahun yang sudah memiliki akta kelahiran sebanyak 207.481 atau hanya sekitar 68 persen.

Sebanyak 97.268 atau sekitar 31 persen pendaftar akta kelahiran belum teregistrasi oleh Dirjen Kependudukan Kementerian Dalam Negeri.

Menurut Slamet Riyadi, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Probolinggo, hampir seratus ribu warga yang membuat akta kelahiran sampai saat ini belum terentri di Dirjen Kependudukan.
 
Rencananya, pihak terkait akan mengirim tim ke Kementrian agar entri data akta lebih dipercepat. Dispendukcapil mengklaim pembuatan akta kelahiran sudah 90 persen.

Warga berharap, pemerintah segera memperbaiki sistem pembuatan akta kelahiran agar proses lebih cepat, warga tidak menunggu terlalu lama.(end)

Berita Terkait


Hampir Seratus Ribu Akta Kelahiran Belum Terdata di Dirjen Kependudukan

Ternyata, 2.000 Anak Belum Berakta Kelahiran di Kota Ini

Urus Akta Kelahiran, Pemkot Garap Playstore dan iOS


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber