Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Piutang Rumah Sakit di Jatim Capai Rp 50 Miliar Lebih
Selasa, 05-09-2017 | 06:19 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Program Jamkesda beberapa tahun lalu ternyata masih menyisakan masalah. Sejumlah rumah sakit provinsi yang berada di kabupaten/kota di Jatim memiliki piutang Jamkesda hingga Rp 50 miliar lebih.

Untuk itu, Komisi E DPRD Jatim meminta pemkab/pemkot segera menyelesaikan tunggakan utang tersebut.

Agung Mulyono, Ketua Komisi E DPRD Jatim menuturkan, program Jamkesda merupakan jaminan kesehatan daerah yang diperuntukkan untuk masyarakat miskin dan program tersebut sudah berakhir sejak 2016 lalu. Namun tenyata sampai saat ini masih terdapat permasalahan yang belum tuntas, yakni utang sejumlah pemkab/pemkot di rumah sakit milik provinsi Jatim di beberapa kabupaten/kota.

"Piutang Jamkesda sejumlah rumah sakit, yakni RS Karsa Husada di Batu Rp 8,1 miliar, RS Paru Dungus di Madiun Rp 445 juta, RS Kusta di Kediri Rp 165 juta, RSK Sumber Glagah di Mojokerto Rp 4,3 miliar, RS paru di Surabaya Rp 17 juta, RS M. Noer di Pamekasan Rp 425 ribu, RS Paru Manguharjo di Madiun Rp 6 juta, RS Mata Masyarakat di Surabaya Rp 2,9 miliar, Total piutang Mencapai Rp 50,9 miliar," papar Politisi dari Fraksi Demokrat ini.

Agung menambahkan, Komisi E akan terus menindaklanjuti, bahkan meminta dinkes provinsi menyurati pemkab/pemkot yang memiliki hutang, agar segera dilunasi. Dikhawatirkan program Jamkesda yang sudah berakhir, membuat pemkab/pemkot lupa atau bahkan tidak tahu, masih memiliki tanggungan Jamkesda yang belum terselesaikan.(end)

Berita Terkait


Piutang Rumah Sakit di Jatim Capai Rp 50 Miliar Lebih

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber