Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Jamaah Naqsabandiyah Kholidiyah di Jombang, baru menggelar sholat ied pada hari Sabtu pagi. Thoriqoh ini beralasan, tim ruyah yang bertugas di sejumlah titik tidak bisa melihat hilal sehingga menetapkan 1 duzlhijjah pada Rabu 24 Agustus lalu, atau satu hari setelah keputusan pemerintah. Foto Saiful
Jamaah Naqsabandiyah Gelar Sholat Ied Hari Ini
Sabtu, 02-09-2017 | 13:27 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Sejak pagi, ribuan jamaah Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah Al Aliyah, di Dusun Kapas,Desa Dukuh Klopo, Kecamatan Peterongan, Jombang, memadati masjid setempat. Jamaah ini menggelar sholat hari raya idhul adha mundur satu hari dari ketetapan pemerintah.

Alasannya, tim rukyatul hilal yang disebar di sejumlah tidak bisa melihat hilal pada Selasa tanggal 22 Agustus lalu untuk penetapan 1 dzulhijjah. Mereka baru bisa melihat hilal pada Rabu 23 Agustus, sehingga menetapkan 1 dzulhijjah jatuh pada Kamis 24 Agustus, atau satu hari setelah penetapan pemerintah.
 
Tarekat ini memegang dasar Al Quran dan Hadist dalam menentukan awal dan akhir bulan puasa, yakni dengan melakukan rukyatul hilal bin nadhor, atau dengan melihat langsung hilal sebagai tanda awal bulan hijriyah.
 
Menurut Kyai Mustaqim pimpinan  Thoriqoh Naqsabandiyah Kholidiyah, pemerintah sudah menetapkan bahwa hari raya, jatuh pada hari Jumat kemarin, karena hilal sudah terlihat. Namun jamaah tarekat ini berkeyakinan bahwa hilal tidak terlihat. "Dalam menetapkan awal bulan dzulhijjah, kami melakukan rukyat di dua kota, yakni, Kabupaten Jombang, dan di Kabupaten Gresik," kata Kyai Mustaqim.

Setelah menggelar sholat ied, para jamaah menggelar kenduri bersama. Meski berbeda, tarekat ini berharap tidak dipersoalkan dan menjadi masalah bagi umat Islam. (pul)




Berita Terkait


Para Pemusik Jalanan Turut Ramaikan Festival Sholawat

Puluhan Ribu Warga Bersholawat Untuk Negeri

Ribuan Warga Nahdliyin Bersholawat Doakan Negeri Terhindar dari Berbagai Bencana

Warga Kecamatan Bulak Surabaya Gelar Sholawat dan Doa Bersama


Puluhan Ribu Jamiyah Benning, Bersholawat Pemilu Damai dan Kondusif

Para Pemusik Jalanan Turut Ramaikan Festival Sholawat

Purna Tugas, Gus Ipul Diantar Sholawatan Syekermania

Puluhan Ribu Warga Bersholawat Untuk Negeri
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber