Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ribuan Warga Berburu Ikan Mabuk
Minggu, 27-08-2017 | 22:21 wib
Oleh : Agus Bondan, Muhammad Imron Danu
Tulungagung pojokpitu.com, Ribuan warga Desa Boyolangu, Kabupaten Tulungagung memenuhi aliran Sungai Boyolangu. Mereka berebut untuk menangkap ikan yang mabuk karena pintu dam Sungai Boyolangu dibuka.

Dalam kondisi ikan mabuk, warga bisa dengan mudah mendapatkan ikan. Cukup berbekal jala maupun tangan kosong, warga sudah bisa menangkap ikan.

Acara tahunan membuka dam, yang disebut flasing sungai atau pladu ini, menarik minat banyak masyarakat sekitar. Sejak pagi mereka sudah berada di sekitar sungai, menunggu pintu dam air dibuka. Sesaat setelah dibuka warga mulai menceburkan diri ke dalam sungai untuk berburu ikan.

Salah satu warga, Suminto mengatakan, setiap tahun mengikuti acara pladu ini. Berbekal dengan jala, dia bisa mendapat berbagai jenis ikan mulai dari ikan gabus, ikan nila, wader, dan berbagai jenis ikan sungai lainnya.

Suminto mengaku mencari ikan untuk dijual dan dijadikan tambahan lauk.

Kepala UPT Dinas PU Pengairan dan ESDM Tulungagung, Albensus Sujiwo menuturkan, dibukanya pintu dam ini bertujuan untuk membersihkan lumpur di dalam dam.

Selain itu, air yang dibuang merupakan sisa pengairan sawah yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh petani. Hal ini dikarenakan petani akan menanam tanaman palawija untuk musim tanam selanjutnya.

Selain sebagai salah satu cara membersihkan lumpur di dam. Acara pladu ini, juga menjadi hiburan bagi masyarakat sekitar.(end)



Berita Terkait


Ribuan Warga Berburu Ikan Mabuk


Ribuan Warga Berburu Ikan Mabuk

Ribuan Warga Kediri Berburu Ikan Mabuk di Sungai Brantas

Warga Surabaya Rebutan Ikan Mabuk di Kali Jagir

Warga Beramai-Ramai Cari Ikan Mabuk di Sungai Boyolangu
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber