Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Kerajinan Lampu Cangkang Kerang Karya Warga Binaan Lapas Siap Ekpor
Minggu, 27-08-2017 | 10:16
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Meskipun menghabiskan masa hukumanya di balik deruji besi, namun kreatifitas warga binaan masih tetep dilakukan seperti halnya di Lapas Kelas II A Sidoarjo.

Terbukti sebanyak 15 orang berjiwa kreatif mampu mengolah limbah karang untuk didaur ulang menjadi bola lampu yang bernilai ratusan ribu rupiah.
 
Warga binaan yang terlibat dalam proses pembuatan bola lampu terlebih dulu diajari cara membuat kerajinan lampu dengan bahan dasar cangkang kerang. Mulai dari cara membuat cetakan awal yang terbuat dari bahan resin, kalis , desain lampu sampai dengan proses finishing . ini disampaikan Winarno Kasi Kegiatan Kerja Lapas Kelas II A Sidoarjo.
 
Jika selama ini cangkang kerang hanya dianggap sebagai limbah , namum di tangan warga binaan ini salah satu potensi daerah adalah hasil laut bisa diolah untuk dijadikan barang  bermanfaat seperti lampu hias hotel. Selain itu, produk ini juga bisa menembus pasar ekspor seperti Amerika dan Eropa .
 
Selain memberikan wadah untuk menanpung kreatifitas warga binaan, pihak Lapas Kelas II A Sidoarjo  telah menggandeng instansi terkait, seperti Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Sidoarjo , untuk memasarkan kerajinan hasil karya narapidana supaya bisa dijual untuk umum.
 


Berita Terkait


Kerajinan Lampu Cangkang Kerang Karya Warga Binaan Lapas Siap Ekpor

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber