Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Kabupaten Tulungagung, saat ini dikenal sebagai salah satu daerah penyangga daging nasional, dengan populasi sapi potong tercatat sebanyak 111 ribu ekor. Untuk memotivasi para peternak sapi agar menghasilkan sapi berkualitas, menjelang hari raya idul kurban ini, pemerintah daerah menggelar kontes sapi. Keluar sebagai juara 1 kelas ekstrem, sapi jenis simental jumbo dengan bobot 1,36 ton. Foto Danu
Kontes Sapi Sambut Hari Raya Idul Qurban
Jum'at, 25-08-2017 | 13:31 wib
Oleh : Agus Bondan,Muhammad Imron Danu
Tulungagung pojokpitu.com, Puluhan ekor sapi berjajar memenuhi lapangan Desa Campurdarat, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung. Puluhan ekor sapi unggulan, milik para peternak yang ada di 19 kecamatan di Tulungagung ini, berkumpul untuk mengikuti kontes sapi yang diselenggarakan oleh dinas peterakan setempat.

Selain sebagai salah satu bentuk apresiasi bagi para peternak, sehingga Tulungagung menjadi salah satu daerah penyangga daging nasional, dengan populasi sapi potong saat ini sebanyak 111 ribu ekor, kontes sapi ini digelar juga sebagai motivasi, agar para peternak menerapkan pola yang benar dan berkualitas dalam memelihara sapi.

Sedikitnya terdapat 95 ekor sapi berbagai jenis, menjadi peserta dalam kontes yang terbagi menjadi beberapa kategori ini. Antara lain kategori calon induk, kategori sapi indukan, sapi bakalan, sapi kereman dan kategori sapi kelas ekstrem. Sapi-sapi peserta kontes ini dinilai berdasarkan kesesuaian berat badan atau bobot, bentuk kepala, performa, lingkar badan, dan urat tubuh sapi.

Menurut Soni Sugiantoro ketua tim juri, keluar sebagai juara satu untuk kategori sapi kelas ekstrem, sapi jenis simental milik Priyo Santosa, warga Campurdarat, dengan bobot 1,365 ton. Penilaian kategori sapi kelas ekstrem dinilai berdasarkan bobot, karena sapi jenis ini lebih ke arah pedaging.

Menurut Priyo pemilik sapi, memang langganan meraih juara di kontes-kontes sapi lokal di Tulungagung dan Kediri. (pul)

Berita Terkait


Target Kebutuhan Susu, Jatim Perlu Tambahan 30 Ribu Ekor Sapi Perah

Warga Tulungagung Resah Sejumlah Sapi Mati Mendadak

Pemkab Bojonegoro Gelar Lomba Sapi Betina Produktif

Limbah Ternak Sapi Bisa Diproses Menjadi Pupuk Organik


Oknum Kades Dilaporkan Penipuan Program Bantuan Ternak Sapi

Pemkab Bojonegoro Gelar Lomba Sapi Betina Produktif

Diduga Korsleting Listrik, 2 Rumah dan Kandang Sapi Ludes Terbakar

Rumah Peternak Sapi Dibobol Kawanan Pencuri, Uang Ratusan Juta Raib Dibawa Pelaku

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber