Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

PT Garam Akan Ambil Alih Lahan 3800 Hektar untuk Produksi Garam
Rabu, 23-08-2017 | 21:43 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Sempat terhambatnya produksi garam beberapa waktu lalu membuat PT Garam berinisiatif mengambil alih lahan terlantar di Nusa Tenggara Timur (NTT) atas inisiatif pemerintah. Ambil alih lahan oleh PT Garam diharapkan dapat meningkatkan produktivitas garam tanpa harus dipenuhi dengan impor.

Dolly P. Pulungan, Dirut PT Garam mengakui, ambil alih lahan di NTT lantaran ada pihak swasta yang memiliki lahan berstatus hak guna usaha (HGU) seluas 3800 hektar.

Sayangnya, lahan tersebut dibiarkan tidak produktif selama lebih dari 25 tahun. Sehingga Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) meminta agar PT Garam mengambil alih lahan tersebut untuk diolah menjadi lahan produktif yang bisa menghasilkan garam.

Dengan begitu, produktivitas garam bisa dipacu. Sebab, diakui Dolly, di wilayah Jatim sudah tidak memungkinkan untuk mengolah lahan dengan area yang cukup luas.

"Di sisi lain, sudah ada 225 hektar lahan milik swasta yang sudah diberikan dan dikelola  PT Garam. Rencananya, dalam pengelolaan lahan di NTT, masyarakat lokal akan diikutsertakan," tutur Dolly P. Pulungan, Dirut PT Garam.

Sejauh ini, jumlah produksi garam di Indonesia mencapai 1,2 juta ton per tahun. Sebanyak 95 persen di antaranya dipasok dari Jawa Timur. Dari angka tersebut, jumlah permintaan per tahun mencapai 1,6 juta ton, yang berarti sisanya bisa dipenuhi melalui mekanisme importasi garam.

Adanya perluasan lahan, setidaknya dapat menambah produksi garam. Setidaknya 1 hektar lahan bisa menambah produksi 100 hingga 120 ton garam. NTT dinilai paling ideal untuk dijadikan kawasan industri garam karena curah hujan serta kadar garam terlarut dalam air memenuhi persyaratan.

Bahkan, kondisinya jauh lebih baik daripada di Jawa Timur. Dengan target itu, setidaknya Indonesia butuh menambah kapasitas produksi garam sebesar 500 ribu ton setahun. Untuk mencapai itu, butuh lahan seluas 6 ribu hektar.(end)



Berita Terkait


Mantan Direktur PT Garam Divonis 10 Bulan Penjara

Sidang Dirut PT Garam, Jaksa Hadirkan Saksi Dari Kementrian Perdagangan dan Perindustrian

PT Garam Akan Ambil Alih Lahan 3800 Hektar untuk Produksi Garam

Penuhi Proses Penyelidikan, PT Garam Siap Tata Manajemen Internal


PT Garam Mengimport 75 Ribu Ton Garam dari Australia

PT Garam Akan Buka 10 Hektar Lahan Baru Untuk Produksi Garam

Stok di Gudang Penyimpanan Garam Milik PT Garam Kosong

Penuhi Proses Penyelidikan, PT Garam Siap Tata Manajemen Internal
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber