Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Tak Hanya Dilarang Kunker, Ketua DPRD Juga Melarang Rapat Hearing Komisi
Rabu, 23-08-2017 | 16:40
Oleh : Budi Prakoso
Surabaya pojokpitu.com, Ruang Komisi D DPRD Kota Surabaya yang nampak hening tanpa adanya kegiatan apapun, meski terlihat Ketua dan Wakil Ketua Komisi dan anggota.

Mereka adalah anggota yang masuk dalam data dewan yang terkena sanksi tidak diijinkan melakukan kunjungan kerja.

Kendati demikian, anggota juga tidak diijinkan melakukan hearing komisi dengan alasan kourum atau jumlah minimun anggota yang hadir tidak memenuhi standart untuk dilakukan rapat hearing. Padahal ada problematik yang seharusnya dibahas, yakni soal BPJS Ketenagakerjaan yang mayoritas tidak dimiliki karyawan yang ada di perusahaan.

Namun lantaran tak mendapatkan persetujuan, hearing pun tidak bisa digelar. Ketua Komisi D, Agustin Poliana, menyayangkan dampak ini yang membuat anggota terkesan tidak bisa menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

"Pada periode sebelumnya, dalam ketentuan diadakannya sebuah rapat hearing tidak ada ketentuan kourum, seperti ketentuan saat ini, yakni 50 persen plus 1 dari jumlah anggota komisi," tutur Agustin Poliana.

Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Surabaya, Baktiono meminta kepada Ketua DPRD Kota Surabaya, Armuji, untuk tidak melakukan pelanggaran hukum, terkait pelarangan kunjungan kerja bagi 15 anggota DPRD Kota Surabaya.

Dalam peraturan DPRD Kota Surabaya tahun 58 tahun 2014 tentang Tata Tertib Anggota DPRD Kota Surabaya, ternyata alasan Ketua DPRD Kota Surabaya tidak masuk dalam tata tertib tersebut. Untuk itulah, akan dibahas dalam Badan Kehormatan dengan menghadirkan Ketua DPRD Surabaya dan 15 anggota DPRD Surabaya.

Baktiono yang juga ikut terkena skorsing ini, telah mengirimkan surat kepada Ketua Fraksi PDIP DPRD Surabaya dan Ketua DPC PDIP Surabaya, Wisnu Sakti Buana, terkait tindakan sewenang-wenang yang dilakukan Ketua DPRD Surabaya, juga berdampak tidak terserapnya anggaran kunker anggora DPRD Surabaya.(end)

Berita Terkait


Tak Hanya Dilarang Kunker, Ketua DPRD Juga Melarang Rapat Hearing Komisi

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber