Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Kenalkan Budaya, Mahasiswa Asing Ikut Belajar Gamelan
Selasa, 22-08-2017 | 15:06 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Berita Video : Kenalkan Budaya, Mahasiswa Asing Ikut Belajar Gamelan
Surabaya pojokpitu.com, Sebagai program pertukaran budaya, 2 mahasiswa asing asal Mesir, belajar bermain musik tradisional gamelan bersama para pelajar SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Belajar gamelan ini tentu saja menarik, karena 2 mahasiswa ini tampak antusias saat mengenal dan memukul barisan nada alat musik tradisional.

Dengan  antusias, Menna Hussam dan Farida Sharif, tampak memperhatikan dan mengikuti setiap arahan dan petunjuk instruktur kesenian musik daerah. Pelan tapi pasti, 2 mahasiswa asing ini akhirnya terbiasa menggunakan alat musik gamelan.

Farida Sharif berperan memainkan saron dan Menna memainkan bonang belajar memahami nada dasar dari gamelan. Hasilnya, keduanya mulai bisa mengikuti setiap nada gamelan dan berkolaborasi bersama para pelajar SD.

"Meski awalnya mengalami kesulitan, namun mereka mengaku senang dapat belajar dan memainkan alat musik gamelan. Selain memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan kesenian musik tradisional gamelan," kata Edi Susanto, Kepsek SD Muhammadiyah. 4 Pucang.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Silang Budaya SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya dengan negara-negara yang terlibat dalam Association For The International Exchange Of Students In Economic And Commerce (AISEC). Tujuannya yaitu  untuk pertukaran pelajar di bidang akademik dan budaya. (pul)

Berita Terkait


Kenalkan Budaya, Mahasiswa Asing Ikut Belajar Gamelan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber