Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Kemeriahan HUT kemerdekaan RI yang ke-72, masih terasa. di Desa Genilangit Magetan, ribuan warga desa mengarak seribu tumpeng, dari balai desa ke lokasi wisata. Selain untuk memupuk rasa nasionalisme, arak-arakan tumpeng aneka ukuran itu, untuk mengenalkan wisata andalan desa. Foto Ramzi
Rayakan HUT RI, Warga Genilangit Santap 1.000 Tumpeng
Sabtu, 19-08-2017 | 13:24
Oleh : M.Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Warga Desa Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, punya cara yang berbeda dalam merayakan HUT kemerdekaa RI ke-72. Ribuan warga desa setempat, mengarak tumpeng dari balai desa menuju Wisata Genilangit.

Sedikitnya ada seribu tumpeng, mulai dari ukuran besar hingga ukuran kecil yang dibawa masing-masing warga. Belasan tumpeng berukuran besar, baik yang terbuat dari nasi atau buah-buahan dan sayuran, merupakan perwakilan dari setiap RT.

Sedangkan warga lain, membawa tumpeng dengan ukuran kecil. Tumpeng ini diarak dari balai desa, menuju wahana Wisata Genilangit yang berjarak kurang lebih 1 kilometer. Terik matahari tak menyulutkan warga untuk berjalan kaki.

Kepala Desa Genilangit, Pardi, mengatakan, tumpeng-tumpeng tersebut merupakan swadaya dari warga sekitar untuk ikut merayakan hari kemerdekaan RI.

"Seribu tumpeng disimbolkan  sebagai kebersamaan warga dalam membangun desa, sekaligus berdoa agar selalu diberi keselamatan dan keberkahan," kata Pardi.

Setelah diarak ke lokasi Wahana Wisata Genilangit, warga bersama-sama memakan tumpeng. Tidak jarang sebagian dari mereka bertukar tumpeng dengan warga lainnya. (pul)

Berita Terkait


Berharap Berkah, Ratusan Warga Berebut Tumpeng Raksasa di HUT Tulungagung

Warga Desa Sumbersuko Grebeg Tumpeng Hasil Bumi

Festival Banjir Tahu, Warga Arak Tumpeng Tahu Setinggi 7 Meter

Ribuan Warga Berebut Tumpeng Hasil Bumi di Telaga Ngebel


Pelihara Kerukunan, Warga Arak Tumpeng Keberagaman

Masyarakat Pantai Selatan Munjungan Larung Tumpeng

Ritual Kirap Tumpeng Raksasa dan Barongan Sebagai Tolak Balak

Tumpeng Tiwul Raksasa Pacitan Pecahkan Rekor MURI
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber