Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Potensi Produksi Cupang di Kabupaten Kediri Capai Rp 34 Miliar
Kamis, 17-08-2017 | 16:53 wib
Oleh : Ungggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Selain ikan koi, produktivitas tinggi juga ditunjukkan oleh para petani ikan cupang atau ikan berta di Kabupaten Kediri.

Dalam setahun, budidaya ikan cupang di Kediri mampu mencapai 81 juta ekor lebih . Dengan angka tersebut, Kabupaten Kediri dapat dikatakan sebagai daerah penghasil ikan cupang terbesar di eks-karisidenan.

Untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing, Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menggelar kontes ikan cupang di kawasan Pasar Ikan Pare Kediri. Pesertanya pun berasal dari bervagai daerah, seperti karisidenan Kediri, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Sedangkan penilaiannya meliputi keindahan warna ikan, bentuk ikan, serta kesehatan ikan itu sendiri, oleh juri yang berstandar nasional.

Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Nur Hafid, mengatakan, "Dari hasil produksi 81 juta per tahun, pembudidaya ikan cupang tersebar di sejumlah lokasi, diantaranya, di Kecamatan Ngadiluwih, Gurah, Badas, Plosoklaten, Kandat, dan Kras. Sedangkan nilai potensi omsetnya sekitar Rp 34 milyar per tahun. Ikan cupang dari Kabupaten Kediri rutin memasok kebutuhan di Jawa dan luar Jawa sebagai misal poktan sempulur dari gurah rutin memasok ke Kalimantan."

Dengan terus diadakan lomba tiap tahunnya, akan meningkatkan daya saing serta produk ikan yang baru dan bagus, sehingga meningkatkan daya beli bagi para penghoby ikan cupang di Kediri dan sekitarnya.(end)





Berita Terkait


Potensi Produksi Cupang di Kabupaten Kediri Capai Rp 34 Miliar


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber