Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Haji 

Kembali, Ratusan Rokok, Obat Kuat dan Suplemen Jamaah Haji Disita Petugas
Minggu, 13-08-2017 | 19:35
Oleh : Yusmana Windarto
Berita Video : Kembali, Ratusan Rokok, Obat Kuat dan Suplemen Jamaah Haji Disita Petugas
Surabaya pojokpitu.com, Petugas Angkasa Pura I dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya akhirnya menyita 500 bungkus rokok berbagai merek, 150 kapsul vitamin dan obat kuat milik sejumlah jemaah haji asal Probolinggo, Minggu sore.

Upaya ini dilakukan saat petugas memeriksa barang bawaan jemaah calon haji. Dalam pemeriksaan mesin scan x-ray, 8 dari puluhan koper milik para jemaah, diketahui berisi barang yang mencurigakan.
 
Saat digeledah, petugas menemukan tumpukan rokok, suplemen, dan obat kuat yang dikemas rapi dan ditumpuk di antara baju milik para jemaah calon haji. Rokok serta obat-obatan ini dikemas dalam kotak kardus makanan ringan, dan bungkus songkok.
 
Hasil penggeledahan bawaan jemaah calon haji ini merupakan temuan terbanyak pertama pada gelombang kedua haji 2017. Menurut jemaah Asan Sorawi Ali, barang bawaan ini merupakan pesanan dari saudara di Makkah untuk dijual kembali.
 
Dengan temuan ini, Kepala Kementrian Agama, Santoso, menyampaikan, "Meski sering diingatkan, namun para jemaah masih juga membawa barang yang akan dijual di sana."
 
Setelah diperiksa, barang bawaan itu disita petugas untuk diserahkan kembali kepada pihak keluarga. Petugas juga menghimbau para calon jemaah calon haji, agar tidak membawa barang yang tidak ada hubungannya dengan proses ibadah haji dan dilarang panitia penyelenggara ibadah haji.(end)

Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber