Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Agustusan 

Warga Menikmati Kebersamaan dengan Kebhinekaan Melalui Lomba Permainan Tradisional
Minggu, 13-08-2017 | 19:11 wib
Oleh : Arip Purwanto
Surabaya pojokpitu.com, Memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 tahun, warga Manukan Kulon RW 6, Kecamatan Tandes, Surabaya, menggelar berbagai macam lomba permainan tradisional, seperti lomba klompen atau bakiak, enggrang, dan engkle.

Perlombaan permainan tradisional ini dilakukan untuk mengingat kembali tradisi permainan yang dimainkan orang-orang terdahulu. Pasalnya, permainan tradisional banyak mengandung filosofi, pembelajaran dan pendidikan.

Mahari, Ketua Rw 6, mengatakan, dengan permainan tradisional yang diikuti oleh 11 RT ini, diharapkan dapat mengajarkan anak-anak untuk bisa bersosialisasi dan bergaul dengan teman-teman sebayanya, tanpa memandang suku dan golongan, sekaligus untuk melestarikan kembali permainan yang menjadi salah satu kekayaan khasanah negeri ini, yang sudah hilang terkikis oleh budaya modern.

Sementara itu, Adi Muhammad Khairil Anwar merasa senang mengikuti lomba permainan tradisional yang tidak pernah dimainkanya dalam kesehariaan. Menurutnya, permainan tradisional banyak mengajarkan tentang kekompakan atau kebersamaan dan lebih seru. Adi mengaku, selama ini lebih sering permainan modern, dengan hp, game online dan sejenisnya.

Tak hanya diikuti oleh anak-anak, ibu- ibu dan bapak-bapak juga turut memeriahkan lomba.  Keseruan lomba terlihat ketika para peserta lomba jatuh bangun demi memenangkan sebuah permainan.(end)


Berita Terkait


Warga Menikmati Kebersamaan dengan Kebhinekaan Melalui Lomba Permainan Tradisional

Lestarikan Tradisi, Pemkot dan FORMI Gelar Lomba Permainan Tradisional


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber