Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Es Cream Dari Waluh, Nyam..Nyam Lezat
Minggu, 13-08-2017 | 06:16
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Labu kuning atau waluh, yang selama ini dikenal untuk campuran bahan baku kue atau kolak, di Bojonegoro bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan es krim.

Tumpukan buah labu kuning atau warga setempat menyebutnya waluh ini berada di rumah Elfia  di Desa Kumpulrejo Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro. Ulfia dibantu ibu-ibu sekitar rumahnya membuat es krim dari bahan labu kuning.

Untuk membuatnya, pertama-tama buah-buah waluh yang sudah dikupas dicuci bersih. Setelah itu proses mengukusnya. Pada proses ini dibutuhkan waktu 30 menit untuk menjadikan buah waluh tersebut matang sempurna. Setelah matang buah waluh dihaluskan dengan cara ditumbuk.
 
Sementara itu siapkan susu cair yang dicampur gula dan tepung maizena. Lalu direbus dan diaduk hingga semua bahan tercampur rata.  Setelah itu masukan dalam wadah dan di dinginkan dalam freezer lemari es selama 5 sampai 6 jam.
 
Jika sudah beku, keluarkan dan dicampur dengan tumbukan waluh kuning yang sudah dihaluskan. Kemudian diaduk hingga merata. Selanjutnya masukan adonan eskrim ke dalam freezer lemari es kembali selama 24 jam. Barulah eskrim labu kuning ini dapat dinikmati.
 
Menurut Ulfia awal ide pembuatan eskrim dari labu ini, karena banyaknya tanaman labu di seditar desanya. Karena labu yang biasanya hanya digunakan sebagai bahan campuran membuat kue dan kolak, akhirnya para ibu-ibu mencoba membuat olahan labu kuning menjadi eskrim.

"Hasilnya eskrim labu kuning buatan ibu-ibu di sini disukai banyak orang," kata Elfia.

Untuk menikmati eskrim labu kuning tidaklah mahal. Cukup merogoh kocek Rp 2 ribu, anda dapat menikmati sensasi segarnya eskrim dan manisnya buah labu kuning ini.
 
Bagaimana, Anda tertarik mencobanya ?. (pul)
 



Berita Terkait

05-11-2016 | 17:30
Tiga Siswa SD Bikin Robot Hidrolik dari Stik Es Cream dan Suntik


Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber