Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan,
Harga Garam Naik, Susi Pudjiastuti Sebut Ada Permainan Kartel
Sabtu, 12-08-2017 | 11:36
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan, saat memberikan orasi ilmiah membangun ekonomi maritim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga Surabaya mengatakan, ada permainan kartel garam yang membuat harga tidak stabil.

Di depan akademisi dan mahasiswa, Susi menjelaskan, saat garam langka, kartel memanfaatkannya. Garam yang seharusnya dibuat industri, dijual lagi untuk konsumen rumah tangga. 

Menteri yang dilantik pada 2014 ini memaparkan penyebab mahalnya harga garam beberapa waktu lalu, dikarenakan mahalnya biaya kirim dari daerah asal petani ke luar provinsi.

"Biaya distribusi dari petani garam di Sampang Madura ke Jawa Barat lebih mahal, dibandingkan biaya import dari Darwin ke Australia yang hanya 600 dollar, untuk pengiriman 3 kontainer," kata Susi. 

Selain menyingung masalah garam, Susi masih tegas melawan pencuri ikan dengan menenggelamkan kapal asing. Demi menyelamatkan perekonomian para nelayan dan perusahaan di Indonesia yang terancam bangkrut.

Diakhir orasinya, Susi menantang lulusan terbaik Unair untuk diangkat menjadi staf kementerian, untuk membangun kelautan dan perikanan Indonesia. Karena, masa depan sektor maritim di kementerian kelautan dan perikanan sangat ditentukan sumber daya manusia. 

Kehadiran Susi Pudjiastuti ke Unair ini, dalam rangka Dies Natalies Fakultas Ekonomi Bisnis(FEB) Unair yang ke - 56. (pul)

Berita Terkait


Harga Garam Naik, Susi Pudjiastuti Sebut Ada Permainan Kartel

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber