Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Jelang Idul Adha, Transaksi Penjualan Sapi di Pasar Hewan Meningkat 100 Persen
Kamis, 10-08-2017 | 19:35
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Berdasarkan data pengelola pasar, transaksi jual beli sapi meningkat sejak awal bulan ini, dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari 100 persen.

Bahkan di setiap hari pasaran, rata-rata ada 2 ribu sampai 3 ribu ekor sapi yang dibawa masuk pedagang. Padahal di hari-hari biasa, jumlah sapi masuk hanya sekitar 1200 sampai 1400 ekor saja. Selain dari wilayah Tuban, sapi juga didatangkan dari wilayah lain seperti Bojonegoro, Lamongan, dan Gresik.

Peningkatan jumlah sapi masuk secara drastis ini, juga berdampak pada angka penjualan sapi yang turut melonjak, hingga sebesar 80 persen dibanding hari biasa.

Jika pada hari biasa penjualan sapi hanya sekitar 400 sampai 500 ekor, maka menjelang Idul Adha ini, penjualan sapi cukup ramai mencapai kisaran 700 sampai 900 ekor sapi tiap harinya.

"Membludaknya stok sapi di pasaran ini, juga mulai berdampak pada harga jual sapi potong, meski nilai kenaikannya belum terlalu signifikan atau masih standart dikisaran Rp 20 juta hingga Rp 35 juta per ekor, tergantung jenis, bobot, dan ukuran," kata Heri Prasetyo , Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Hewan Tuban.

Diprediksikan, harga maupun jumlah transaksi sapi ini, masih akan terus naik hingga beberapa pekan ke depan. Terutama, pada hari pasaran terakhir sebelum Idul Adha. Hal ini bersamaan dengan makin melonjaknya permintaan sapi potong untuk kebutuhan kurban, baik jenis sapi limosin, simetal, crossing, peranakan ongole, maupun sapi Jawa.(end)



Berita Terkait


Jelang Idul Adha, Transaksi Penjualan Sapi di Pasar Hewan Meningkat 100 Persen

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber