Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Haji 

Berprofesi Pedagang Sayur, Pasangan Suami Istri di Situbondo Bisa Naik Haji
Rabu, 02-08-2017 | 05:18 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Di rumah sederhana inilah tempat tinggal Misdjoyo (61) dan istrinya Artani (56) . Pasutri berprofesi sebagai pedagang sayur ini tahun ini akan berangkat naik haji, setelah selama tujuh tahun menabung.

Misdjoyo dan istrinya, Artani, akan berangkat ke tanah suci Makkah 4 Agustus mendatang. Pasutri asal Desa Alasmalang, Kecamatan Panarukan Situbondo , tergabung di kloter 32 Embarkasi Juanda Surabaya.
 
Pasutri ini selama tujuh tahun menabung karena ingin menunaikan ibadah haji. Hasil berjualan sayur di salah satu pasar tradisional, dikumpulkan sedikit demi sedikit .
 
Uniknya, mereka bisa mendaftar ikut ibadah haji, setelah terkena tipu dengan modus gendam pada tahun 2010 lalu. Saat itu , pasutri ini bertemu pelaku gendam usai berjualan sayur di pasar. Pelaku meminta korban naik ke atas mobilnya. Pelaku berpura-pura membaca garis tangan pasutri ini, dan mengatakan merekan akan naik haji .
 
Namun setelah tangannya dipegang pasutri ini hilang ingatan. Alhasil, uang hasil jualan ludes dibawa kabur pelaku gendam. Mereka baru sadar setelah uang hasil berjualan dan perhiasannya dibawa pelaku.
 
Kini mereka mengaku bersyukur, karena di usianya yang sudah senja, diberi kemampuan menunaikan rukun Islam yang kelima.
 
Keinginan kuat dalam menunaikan ibadah haji, pasutri ini memanfaatkan ladangnya menanam sayur mayur. Dengan ladang satu petak, pasutri ini juga terbiasa membeli sayur mayur dari luar kota dan kemudian dijual di pasar tradisional di Situbondo.
 
Kangkung yang ditanam di ladangnya dijual seharga Rp 750 per satu ikat. Pasutri ini bisa melunasi ongkos naik haji sebesar Rp 70 juta yang mereka tabung selama tujuh tahun.
 
Pasutri ini termasuk orang beruntung, karena di tengah keterbatasan ekonomi kini menjadi salah satu tamu Allah di tanah suci Makkah.(end)

Berita Terkait


Mengaku Biro Haji, Mantan Kades Tipu 2 Calon Jamaah Haji

Jamaah Haji Asal Nganjuk Pulang, 1 Meninggal Dunia di Tanah Suci

Dua Jamaah Haji Asal Tuban Masih Tertinggal di Makkah

Isak Tangis Bahagia Sambut Kedatangan Jamaah Haji


Isak Tangis Bahagia Sambut Kedatangan Jamaah Haji

Ratusan Koper Jamaah Haji Asal Bojonegoro Tertinggal di Arab Saudi

Tangis Pecah Sambut Kedatangan Jamaah Haji Asal Bojonegoro

Hanya 1 Jemaah Haji Asal Sidoarjo Yang Meninggal Dunia di Tanah Suci
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber