Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Ini Lho Alasan SBY dan Prabowo Bertemu
Senin, 31-07-2017 | 10:13 wib
Oleh :
pojokpitu.com, Pengamat politik Usep S Ahyar menilai pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai Gerindta Prabowo Subianto tak lepas dari kepentingan politik 2019.

Usep menilai dua mantan tentara yang kini memimpin partai politik itu sedang dalam posisi saling membutuhkan.

Usep mengatakan, Gerindra dan PD dalam posisi sama soal presidential threshold di UU Pemilu. Keduanya menolak pemberlakuan ambang batas 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah hasil Pemilu Legislatif 2014 untuk mengusung duet calon presiden dan calon wakil presiden untuk 2019.

"Jika (presidential threshold) tidak bisa diubah, mereka membutuhkan koalisi untuk pencalonan bersama," ujarnya Usep seperti diberitakan JawaPos.com, Minggu (30/7).

Direktur di Populi Center itu menegaskan, kepentingan Partai Gerindra adalah bisa mengusung Prabowo untuk Pilpres 2019. Sedangkan PD, sambungnya, ingin mengusung kadernya terutama kerabat SBY untuk menjadi calon presiden ataupun calon wakil presiden.

Hanya saja, kedua parpol itu memeng tak bisa sendirian mengusung pasangan calon presiden karena terbentur presidential threshold. Karena itu, Usep menduga Prabowo sedang berupaya membangun koalisi untuk memudahkan pencalonannya pada Pilpres 2019.(dna/JPG/end)

Berita Terkait


Ini Lho Alasan SBY dan Prabowo Bertemu

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber