Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

PT Garam Akan Buka 10 Hektar Lahan Baru Untuk Produksi Garam
Jum'at, 28-07-2017 | 06:14
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, PT Garam menyebutkan, krisis garam terjadi sebagai akumulasi tidak adanya produksi garam sepanjang tahun 2016 akibat cuaca yang tidak menentu.

Kondisi tersebut diperparah dengan kesalahan masalah importasi garam yang membuat pasokan garam menjadi terhambat. Sebagai upaya antisipasi, saat ini PT Garam tengah berupaya dalam melakukan perluasan lahan sebesar 10 ribu hektar yang akan dilakukan di daerah Kupang, Sumba, Sumatera Tengah, dan Pulau Rote. Sehingga ditargetkan pada 2020, produksi garam bisa melebihi jumlah kebutuhan masyarakat, atau rencana swasembada bisa tercapai.

Namun dalam waktu dekat, importasi garam adalah hal yang paling memungkinkan untuk menggelontorkan garam ke masyarakat. Dari kebutuhan nasional sebesar 1,4 sampai 1,5 juta ton garam per tahun, PT Garam menghitung kebutuhan impor garam hingga akhir tahun saat ini tinggal 700 ribu ton.

"Sisanya, bisa dipasok dari produksi petani garam atau stok sisa dari produksi lama. Sehingga tidak perlu terlalu banyak impor," kata Dolly P. Pulungan, Dirut PT Garam.

Sampai saat ini, Jawa Timur adalah sentra penghasil garam terbesar di Indonesia. Jika kondisi Jawa Timur mengalami krisis, otomatis wilayah lain juga akan terkena imbasnya. Importasi garam yang dinantikan banyak pihak saat ini tinggal menunggu regulasi yang telah diperbarui.(end)

Berita Terkait


Produksi Garam Jatim Capai 1,156 juta ton

PT Garam Akan Buka 10 Hektar Lahan Baru Untuk Produksi Garam


Produksi Garam Anjlok, Pemprov Lakukan 3 Inovasi

Sumenep Tak Penuhi Target Produksi Garam

Kemarau Panjang Produksi Garam Melimpah

Menteri Susi Berupaya Bantu Produksi Garam Petani Lokal
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('2725092','2018-01-21','05:45:33','50028','PT Garam Akan Buka 10 Hektar Lahan Baru Untuk Produksi Garam','54.227.104.40','1','desktop')