Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sepak Bola 

persebaya saat berlaga melawan persepam MU di GBT_mba
Persebaya vs Martapura FC,Duel Syarat Gengsi
Kamis, 27-07-2017 | 10:05
Oleh : Ambari Taufiq
Surabaya pojokpitu.com, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, bakal bergema malam ini. Duel Persebaya versus Martapura FC pada lanjutan kompetisi Liga 2 diprediksi bakal menyita perhatian publik sepakbola di tanah air.pertandingan syarat gengsi ini di prediksi bakal berlangsung dalam tensi tinggi.

Meski hanya kompetisi kasta ke dua atau liga 2 dan masih dalam penyisihan group, Namun, tensinya bisa disejajarkan dengan partai final liga 1. Sedikit berlebihan. Tapi, hal itu tidak berlaku bagi Persebaya.

Mereka harus menang. Selain untuk kembali bertakhta di pucuk klasemen. Hanya kemenangan yang bisa membalas kekalahan 1-2 tim berjuluk Green Force pada pertemuan pertama (30/4).

"Bisa dibilang, pertandingan malam ini  adalah penentuan. Kalau bisa menang, motivasi pemain juga bisa berlipat menyongsong pertandingan selanjutnya," kata gelandang Misbakus Solikin pada latihan di Stadion Gelora Bung Tomo kemarin.

Pernyataan pemain yang kini sudah mengemas enam gol di Liga 2 itu memang ada benarnya. Sebab, setelah menghadapi Martapura FC, Persebaya menyisakan lima pertandingan lagi.

Dan, tiga diantaranya digelar di kandang sendiri. Yaitu vs PSBI Blitar (2/8), vs PSIM (16/8), dan Persinga (14/9).

Tetapi, persaingan grup 5 memang superketat. Bila gagal meraup poin penuh hari ini, peringkat ketiga Persatu juga bisa menebar ancaman yang saat ini mengoleksi 14 poin alias terpaut 2 angka dari Martapura FC di pucuk klasemen dan satu poin dari Persebaya yang bertengger sebagai runner up.

Kebetulan, mereka juga melakoni pertandingan hari ini saat melawan tuan rumah PSIM Jogjakarta tiga jam sebelum kick off Persebaya vs Martapura FC.

Tidak berlebihan pula bila Persebaya memandang pertandingan nanti malam sebagai laga balas dendam. Bukan hanya lantaran takluk di pertemuan pertama. Melainkan lebih kepada cara Martapura FC yang menghalalkan segala cara  untuk meraih kemenangan kala itu.

Saat itu, mereka hingga menggunakan cara agar salah satu ofisialnya, Fahmiansyah, mempengaruhi wasit saat tambahan waktu babak kedua. Dia mengarahkan tangannya ke arah wasit dan wasit cadangan.

Aksi tersebut langsung mendapat sanksi tegas dari komisi disiplin PSSI pada sidang 1 Juni lalu dengan hukuman dilarang beraktifitas di sepak bola selama 2 bulan dan denda Rp 10 juta.

Tidak berhenti di situ. Para pemain Martapura FC juga bermain keras menjurus kasar. Itu semua terjadi karena pertandingan kala itu memang tidak disiarkan secara langsunug oleh televisi.

"Saya memang belum bergabung di pertandingan saat itu. Namun, tetap saja keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi Persebaya selalu ada," kata Rishadi Fauzi yang baru bergabung jelang pertandingan Persebaya vs Persepam (11/5).

Lebih jauh, hasil positif malam nanti juga bisa memperpanjang catatan positif pelatih Angel Alfredo Vera.

Semenjak didapuk menjadi arsitek baru, pelatih asal Argentina itu belum terkalahkan dalam empat pertandingannya bersama Persebaya. Total, Alfredo membukukan tiga kali menang dan sekali imbang.

Sayang, Persebaya masih belum bisa menurunkan kapten Rendi Irwan. Pemain 30 tahun itu masih dibekap cedera lutut kiri yang didapatnya saatPersebaya ditahan imbang 1-1 oleh Persinga Ngawi (15/7).

"Saya lihat mereka (Martapura FC) tim dengan kekompakan bagus. Namun, saya lebih fokus kepada tim sendiri. Semua pemain sedang dalam konfidensi tinggi. Mereka semua ingin meneruskannya," kata Alfredo.

Di lain sisi, pelatih Martapura FC Frans Sinatra Huwae mengaku bahwa pertandingan melawan Persebaya menjadi salah satu yang terpenting bagi timnya meski jeda recovery timnya lebih sedikit.

Ya, Martapura FC baru memainkan pertandingan terakhirnya sebelum ini saat menang 3-1 atas PSIM (22/7). Sedangkan Persebaya saat menang 2-1 dari Madiun Putra sudah dua hari sebelulmnya.

Mantan pemain timnas itu mematok target untuk curi poin di hadapan puluhan ribu Bonek. Mereka tidak akan diperkuat tiga pilarnya karena cedera. Yaitu, Agus Cima, Fahreza Agamal, dan Abraham.

"Ditonton puluhan ribu Bonek, antusiasme para pemain justru semakin baik. Mereka akan menampilkan yang terbaik besok (hari ini)," kata Frans.[mba]

Perkiraan Pemain: Persebaya v Martapura FC

Persebaya (4-3-3): 92-Dimas Galih P (g); 3-Abdul Azis, 44-Andri, 21-Fandry Imbiri, 25-M. Irvan; 22-Abu Rizal, 6- M Solikin (c), 96-Hidayat; 41-Irfan Jaya, 26- R.Fauzi, 8-Oktafianus.

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Martapura FC (4-4-2): 1-Juni Irawan(g); 24-Wirabuana, 5-Erwin Gutawa, 3-Haris, 91-Arozi; 17-Rifan Nahumarury, 23-Ady Setiawan, 14-Gideon Marshell, 21-Sandi Pratama; 7-Aidil Bogel, 16-Qischil Gandrumini (c)

Pelatih: Frans Sinatra Huwae

Stadion: Gelora Bung Tomo, Surabaya

Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber