Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Mendikbud Wajibkan Sekolah Terbitkan Dua Rapor
Selasa, 25-07-2017 | 18:41
Oleh : Iman Pujiono
Jakarta pojokpitu.com, Mendikbud Muhajir Efendi menyampaikan, sekolah akan memiliki dua versi rapor. Rapor yang pertama adalah rapor akademik untuk ekstra kulikuler dan yang kedua, yakni rekaman aktifitas siswa yang berupa naratif deskriptif untuk meningkatkan perkembangan siswa dari tingkat SD hingga SMA.

Rapor rekaman aktifitas murid antara lain akan meliputi laporan mengenai minat, bakat serta kemahiran istimewa murid.

Menurutnya, dalam program penguatan pendidikan karakter, akan ada porsi yang seimbang antara peranan sekolah dengan keluarga untuk mendidik siswa.

"Nantinya, dengan kegiatan sekolah lima hari atau full day, orangtua dapat memiliki waktu untuk ikut mendidik dan mengasuh anak secara
penuh selama dua hari libur sekolah. Selama ini orang tua cenderung melimpahkan semua tangung jawab pendidikan murid ke sekolah," tutur Muhajir Efendi, Mendikbud RI.

Ia menambahkan, saat ini pemerintah sedang membuat peraturan presiden mengenai program penguatan pendidikan karakter, yang antara lain berkenaan dengan penerapan lima hari sekolah atau tidak.

Sebelumnya, pada 19 Juli pemerintah telah melakukan rapat mengenai rancangan Perpres penguatan pendidikan karater. Perpres itu nantinya akan menggantikan peraturan yang pernah diterbitkan dalam bentuk peraturan menteri, yaitu Permendikbud nomor 23 tahun 2017.(end)


Berita Terkait


Mendikbud Wajibkan Sekolah Terbitkan Dua Rapor

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber