Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

UMKM Jatim Terstandarisasi Masih Minim
Selasa, 25-07-2017 | 07:14 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Total UMKM di Jatim yang telah tersertifikasi baru mencapai 1500. Angka tersebut sangat jauh dari total UMKM di Jatim yang mencapai 6,2 juta UMKM. Ini disampaikan Mas Purnomo Hadi, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim.

Menurutnya, sebetulnya pelaku UMKM menginginkan produk UMKM milik mereka tersertifikasi. Sayangnya, untuk mendapat sertifikasi produk masih banyak kendala yang dihadapi. Meskipun diakui Dinkop dan UMKM Jatim, pihaknya telah memfasilitasi pelaku UMKM yang ingin bersertifikat hak atas kekayaan intelektual (HAKI).

Hadi menyebut, "Meski angka capaian sertifikasi UMKM Jatim amat kecil, saat ini ada 3428 UMKM yang dinyatakan sudah siap terstandarisasi. Bahkan 1330 di antaranya telah layak ekspor, namun masih menunggu proses standarisasi."

Diakui Hadi, proses standarisasi baru bisa berjalan saat suatu usaha telah masuk kategori menengah. Sedangkan untuk kategori mikro dan kecil baru diberikan sejumlah pelatihan dan mengurus sejumlah kelengkapan izin terlebih dahulu.(end)

Berita Terkait


UMKM Jatim Terstandarisasi Masih Minim


Jatim Mart, Pasar UMKM Jatim di Singapore

Rasiyo Siap Mundur dari Komisaris Bank UMKM Jatim

95% Pelaku UMKM Jatim Tidak Siap Hadapi MEA
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber