Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Bupati Banyuwangi Ajak Yenima Sarapan dan Nge-Vlog Bersama di Kantor
Senin, 17-07-2017 | 20:43
Oleh : Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meminta maaf kepada Yenima Swandina Alfa, siswi non muslim yang sempat terganjal dengan adanya aturan memakai jilbab di SMPN 3 Genteng.

Dalam vlog-nya , Bupati Anas kembali menegaskan, dirinya telah membatalkan aturan sekolah yang mengakibatkan penolakan calon siswa SMPN 3 Genteng ini.
 
Anas juga meminta tidak ada lagi aturan diskriminatif terhadap siapapun di Banyuwangi, meski ada perbedaan suku, agama dan keyakinan.
 
Anas juga menginstruksikan, tak ada lagi sekolah yang menerapkan aturan yang berpotensi mendiskriminasi siswa berdasarkan latar belakang agama, suku, dan ras.

Pagi kemarin, Bupati Anas mengundang siswi Yenima untuk sarapan pecel rawon bersama, didampingi orang tuanya, Timotius. Dalam kesempatan itu, Bupati Anas menyampaikan permintaan maaf atas nama pemerintah daerah, karena bagaimana pun SMPN adalah lembaga di bawah pemerintah daerah.

Anas mengatakan, "Permasalahan ini harus menjadi pelajaran bagi seluruh aparatur sipil negara. Tidak hanya yang terkait bidang pendidikan, namun juga semua bidang."

Berjilbab untuk pelajar muslim tentu tidak masalah, namun tidak boleh dipaksakan kepada pelajar yang beragama, selain Islam. Aturan sekolah tidak boleh mendiskriminasi dan harus memberi ruang yang sama, tanpa memandang perbedaan SARA.
 
Sebelumnya, terjadi penolakan terhadap salah satu calon siswi di SMPN 3 Genteng. Penolakan diketahui ketika orang tua calon siswa saat pendaftaran ulang. Saat pengambilan kain seragam, Yenima disodori kain untuk seragam berjilbab. Tentu hal tersebut ditolak.
 
Orang tua Yenima kemudian melaporkan permasalahan tersebut ke Dinas Pendidikan. Tak hanya permasalahan jilbab, pihak sekolah juga menginformasikan kepada Yenima , bila ingin sekolah di SMPN 3 Genteng harus mengikuti pelajaran Islam.(end)




Berita Terkait


Bupati Banyuwangi Ajak Yenima Sarapan dan Nge-Vlog Bersama di Kantor

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber