Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Ogah Dibubarkan, Ormas Silakan ke Pengadilan
Sabtu, 15-07-2017 | 18:08
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Berbagai kritik muncul sebagai bentuk penolakan atas Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Apalagi perppu itu mengeliminasi peran pengadilan dalam pembubaran ormas.

Namun, dalam pandangan Sekretaris Jenderal Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Sugeng Teguh Santoso, ormas yang dibubarkan justru masih bisa menempuh jalur pengadilan. Menurut Sugeng, keputusan menteri dalam negeri (Mendagri) menteri hukum dan hak asasi manusia (Menkumham) tentang pembekuan kegiatan ormas beserta pencabutan status badan hukumnya masih bisa diuji di pengadilan.

Sugeng mengatakan, kebijakan Mendagi dan Menkumham tentang pembubaran ormas merupakan putusan tata usaha negara. "Itu membuka kesempatan untuk diuji di pengadilan," ujar Sugeng dalam diskusi bertema Cemas Perppu Ormas di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/7).

Sugeng menambahkan, hal itu bisa dilakukan dengan dasar UU TUN. Dia menjelaskan, dalam konsep negara hukum maka sesuatu yang tidak diatur di sebuah UU maka tetap terikat oleh UU lain yang mengaturnya.

"Karena prinsip negara hukum memberikan perlindungan, maka tetap terbuka untuk diuji keputusan TUN yang dikeluarkan pemerintah," ujar Sugeng.

Karena itu Sugeng menilai pihak yang menganggap pembubaran ormas tak bisa diuji di pengadilan merupakan anggapan yang keliru. "Tetap bisa diuji pengadilan," tegasnya.

Lebih lanjut, Sugeng menyatakan, dirinya sedari awal menyetujui Perppu Ormas dengan catatan. Menurut dia, yang menilai suatu keadaan memaksa itu adalah pemerintah.

Sedangkan DPR bisa menolak ataupun menerima perppu dari pemerintah. "Jadi, yang bisa menilai keadaan memaksa, menyelesaikan masalah, kekosongan undang-undang dan menganggap undang-undang tidak memadai itu pemerintah," katanya.(boy/jpnn/end)


Berita Terkait


Gerindra Tolak Perppu Ormas, Wajar . .

Dengan Perppu No 2 / 2017, Mahfud MD Pastikan HTI Akan Bubar

Gerindra Ngotot Tolak Perppu Ormas, Ini Alasannya

Aliansi Masyarakat Kota Batu Dukung Tindak Tegas Ormas Radikal


Diprediksi Bakal Besar, Aksi Massa 19 Juli Tolak Perppu Ormas

Ini Kegentingan Penerbitan Perppu Ormas

Tolak Perppu Ormas ? Catat Nih Pernyataan Serius Jokowi

PKB Dukung Perppu Ormas
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber