Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Driver Taksi Online Minta Tarif Batas Bawah Sama Dengan Taksi Konvensional
Kamis, 06-07-2017 | 06:18
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Mulai 1 Juli, Kementerian Perhubungan telah menetapkan aturan tarif batas bawah dan atas terhadap taxi online. Besaran penetapan tarif bawah ini sebesar Rp 3.500 per kilometer, dan tarif atas Rp 6.000 per kilometer. Namun, besaran penetapan tarif bawah ini, bagi driver taxi online masih dinilai terlalu murah,sehingga tidak bisa menutupi beberapa pengeluaran yang harus ditanggung pemilik armada mobil ini.

Beberapa pengeluaran, selain BBM dan biaya perawatan mobil yang terus naik, pengemudi taxi online juga diwajibkan menyetorkan 15 persen hingga 25 persen pendapatan mereka dari setiap trip yang mereka dapat atau dari besaran biaya yang dibayar penumpang. Pengemudi hanya mendapat penghasilan bersih 50 persen hingga 60 persen saja.

Pengemudi taxi online juga sangat berharap, pemerintah bisa menjembatani transportasi baru yang bisa menjadi solusi transpotasi perkotaan ini. Karena selama ini, kebijakan terkait taxi online, sepertinya hanya menyentuh para driver saja, atau pemilik unit mobil.

Namun kepada penyedia aplikasi layanan, tidak tersentuh. Penyedia aplikasi layanan bisa meraup keuntungan penuh dari potongan tiap transaksi, namun tidak dibebankan sama sekali kewajiban sebagai penyedia tranportasi, seperti asuransi penumpang, pajak, serta biaya KIR dan perawatan mobil.Ini diungkapkan Iqbal Ginanjar Kartasasmita, selaku Sekretaris Jendral DPD ADO Jatim.

Menurut pengemudi, idealnya besaran tarif dasar taxi online ini adalah Rp 4.000 hingga Rp 4.500, atau sekalian disejajarkan dengan tarif taxi konvensional. Sehingga kesenjangan antara pengemudi tarif taxi online dan konvensional tidak lagi ada. Persaingan yang ada bukan lagi dari segi harga, namun ke persaingan layanan kepada konsumen.(end)

Berita Terkait


Driver Taksi Online Minta Tarif Batas Bawah Sama Dengan Taksi Konvensional

Hari ini, Aturan Angkutan Taksi Online Berlaku Efektif

Dua Pembunuh Taksi Online Dibekuk, Satu Diantaranya Anggota TNI AL

Isak Tangis Pecah Saat Jenazah Sopir Taksi Online Disemayamkan


Dua Pembunuh Taksi Online Dibekuk, Satu Diantaranya Anggota TNI AL

Pembunuhan Supir Taksi Online Tertangkap, Ini Kata Kapolres

Isak Tangis Pecah Saat Jenazah Sopir Taksi Online Disemayamkan

Organda Minta Taksi Online Ditertibkan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1086248','2017-11-19','19:21:19','48951','Driver Taksi Online Minta Tarif Batas Bawah Sama Dengan Taksi Konvensional','54.80.169.119','1','desktop')