Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Opini 

Gagasan R.A. Kartini Tak Kenang Waktu
Selasa, 21-04-2015 | 07:36 wib
Oleh : Pulung Aji
pojokpitu.com, Ada satu sikap atau posisi Kartini yang tidak pernah berubah, yaitu keberpihakan kepada rakyat. Sekalipun coba dikurung di dalam keraton, dibelenggu oleh sebuah sistem yang memelihara hirarki, Kartini terus saja mendeklarasikan diri sebagai barisan yang senasib dengan rakyat. Bagi Kartini saat itu, apa yang sebut zaman gelap-gulita, Adalah keadaan dimana rakyat pribumi tidak bisa menikmati kemajuan. Penyebabnya, rakyat dibelenggu oleh feodalisme dan kolonialisme. Dengan demikian, sesuatu yang terang bagi Kartini adalah keadaan yang membawa kemajuan.

Bagi saya hanya ada dua macam keningratan : keningratan pikiran dan keningratan budi. tidak ada yang lebih gila dan bodoh menurut persepsi saya daripada melihat orang, yang membanggakan asal keturunannya. Apakah berarti sudah beramal soleh, orang yang bergelar graaf atau baron? tidak dapat mengerti oleh pikiranku yang picik ini. (surat Kartini kepada Stella, 18 Agustus 1899)

Salah satu sarana menuju kemajuan itu yaitu dengan pendidikan. Dalam sepucuk suratnya kepada sahabatnya, Stelle Zeenhandelaar, Kartini mengatakan, pemberian pengajaran yang baik kepada rakyat sama halnya dengan pemerintah memberikan obor ke dalam tangannya, agar ia menemukan sendiri jalan yang benar menuju tempat nasi itu berada. Kartini sadar betul, bahwa manusia tidak akan bisa mengembangkan dirinya jika tetap bodoh, miskin, dan ditundukkan oleh orang atau pihak tertentu.

Jika saja masih anak-anak ketika kata-kata emansipasi belum ada bunyinya, belum berarti lagi bagi pendengaran saya, karangan dan kitab-kitab tentang kebangunan kaum putri masih jauh dari angan-angan saja, tetapi dikala itu telah hidup didalam hati sanubarai saya satu keinginan yang kian lama kian kuat, ialah keinginan akan bebas, merdeka, berdiri sendiri. (suratnya kepada nona Zeehandelaar, 25 Mei 1899)

Bahkan dalam surat lain kepada Zeenhandelaar,  dalam pengantar suratnya, Kartini menuliskan , saya ingin sekali berkenalan dengan seorang gadis modern, yang dapat berdiri sendiri, yang dapat menarik hati saya sepenuhnya, yang menempuh jalan hidupnya dengan langkah cepat, tegap. gadis yang selalu bekerja tidak hanya untuk kepentingan dirinya sendiri, tetapi juga berjuang untuk masyarakat luas, bekerja demi kebahagiaan untuk sesama manusia .

Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa behagia baginya (suratnya kepada nyonya Van Kool, Agustus 1901)

Sesungguhnya surat-surat Kartini ini berdimensi lebih luas. Dari sekedar membahas kondisi perempuan. Kartini mempunyai minat dan perhatian yang besar terhadap seni, sastra, pendidikan bahkan perkembangan peradaban serta teknologi. Dalam petikan surat itu, Kartini ingin menjadi perempuan yang modern, seorang perempuan yang penuh semangat dalam menyambut perkembangan jaman. Kartini ingin tumbuh menjadi sosok yang sesuai dengan jamannya namun mengabdikan diri, meraih kebahagiaan bukan hanya demi dirinya sendiri melainkan kebahagian banyak orang.

Kami beriktiar supaya kami teguh sungguh, sehingga kami sanggup diri sendiri. Menolong diri sendiri. menolong diri sendiri itu kerap kali lebih suka dari pada menolong orang lain. Dan siapa yang dapat menolong dirinya sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna pula. (suratnya kepada nyonya Abendanon, 12 Desember 1902)

Oleh karena itu, sungguh tepat negri ini menyambut gagasan itu dengan kerja keras. Tidak hanya sekedar memperingatan Kartini dijadikan seremonial. memaknai Kartini tidak hanya sesempit memakai pakaian kebaya atau baju daerah. namun, saatnya menggali dan menghayati gagasan-gagasan Kartini.(pul)




Berita Terkait


Serunya Para Ibu Melukis Pada Tas Anyaman Daun Pandan

Sambut Hari Kartani, Polisi Pakai Kebaya

Peringati Hari Kartini Dengan Mengenal Organ Dalam Wanita

Vanessa Angel Rayakan Hari Kartini Dengan Bernyayi dan Berjoget Dengan Warga Binaan


Busana Karya Vanessa Angel Dirutan Ikut Meriahkan Peringatan Hari Kartini

Peringati Hari Kartini Polwan Baju Kartini Hibur PPK

Peringati Hari Kartini, Yayasan Kanker Beri Layanan Gratis

Peringati Kartini Dengan Senam Kebaya Hingga Pelatihan Kecantikan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber