Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Harga Ikan Air Tawar Turun Hingga Rp 3000 Per Kilogram
Senin, 12-06-2017 | 06:13
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Penurunan harga ikan air tawar ini dialami sejumlah peternak ikan bawal dan nila di Sentra Ikan Air Tawar Desa Rejoagung Kecamatan Ngoro.

Meski harga turun mereka tetap memanen ikan  yang telah dipelihara sejak enam bulan lalu. Dengan berat berkisar 4 hingga 5 ons per ekor ikan ini siap dilepas ke pasar untuk memenuhi kebutuhan menjelang Lebaran.
 
Bukan hanya ikan satu jenis saja yang dipanen. Dalam satu kolam terdiri dari ikan bawal dan ikan nila. Dua jenis ikan inilah yang saat ini harganya turun. Harga ikan bawal turun sekitar Rp 2.500 per kilogram dan ikan nila turun Rp 3.000 per kilogram.
 
H Masruh, salah satu peternak ikan mengatakan, pada saat normal, ikan bawal bisa dilepas dengan harga Rp 14.500 per kilogram dan ikan nila Rp 14 ribu per kilogram. 

Namun kini  harga ikan bawal turun menjadi Rp 12 ribu per kilogram, sedang ikan nila menjadi hanya Rp 11 ribu per kilogram. Penyebab turunnya harga karena pasokan ke pasar melimpah.
 
Meskipun harga turun, peternak masih menikmati keuntungan. Pasalnya, harga pakan dua jenis ikan ini cukup murah. Setiap satu kilogram ikan hanya membutuhkan 2 kilogram biji randu sebagai pakan. Setiap satu kilogram  biji randu kapuk atau klenteng dibeli dengan harga Rp 3000 per kilogram. 

Jadi jika dalam satu musim setiap kilogram ikan membutuhkan dua kilogram pakan atau setara pakan Rp 6000 ditambah biaya pemeliharaan, petani masih untung sekitar Rp 4000 per kilogram. Hanya saja jika penurunan harga ini terus terjadi, peternak akan mengalami kerugian.(end)

Berita Terkait


Harga Ikan Air Tawar Turun Hingga Rp 3000 Per Kilogram

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber