Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ratusan Warga Demo Tolak Pelantikan Perangkat Desa
Selasa, 06-06-2017 | 16:27
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Pelantikan perangkat desa di kantor Desa Singogalih Kecamatan Tarik-Sidoarjo, yang digelar di kantor desa, mendadak terganggu akibat aksi demo ratusan warga desa setempat.

Sambil membawa sejumlah poster dan spanduk, warga berorasi di depan kantor desa.
 
Sejumlah perangkat desa dan pegawai kecamatan tetap melanjutkan pelantikan, meskipun di depan balai desa berlangsung aksi unjuk rasa.
 
Dalam aksinya, warga menuntut Kepala Desa Singogalih, Muhammad Samsi segera turun dari jabatannya, karena sudah banyak pelanggaran yang dilakukan. Salah satunya terkait pemilihan perangkat desa yang tidak transparan.
 
Tidak hanya itu, Kepala Desa Singogalih juga diduga telah menarik uang sebesar Rp 500 ribu hingga Rp 2,5 juta kepada warga untuk Program Sertifikasi Tanah Nasional (Prona) padahal program tersebut gratis. 

"Warga yang mengeluhkan ulah Kades tersebut, akhirnya melakukan aksi unjuk rasa agar Kades beserta perangkatnya turun dari jabatannya," ujar Sutejo, koordinator aksi demo.
 
Sementara itu, kades yang diprotes warga ini menyatakan, proses pemilihan perangkat desa sudah sesuai prosedur yang ditetapkan, dimulai dengan tahapan sosialisasi dan seleksi. Sehingga jika warga masih mempersoalkan hal ini, diminta untuk memprosesnya melalui jalur hukum. Demikian dikatakan M. Syamsi, Kades Singogalih.
 
Rencananya, jika tuntutan warga tidak dikabulkan, warga akan melakukan aksi kembali ke Pemkab Sidoarjo dengan mengajak massa yang lebih banyak lagi.(end) 

Berita Terkait


Ratusan Warga Demo Tolak Pelantikan Perangkat Desa

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('2633499','2018-01-18','06:44:00','47522','Ratusan Warga Demo Tolak Pelantikan Perangkat Desa','54.234.65.78','1','desktop')