Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tulisan di Facebook Jadi Viral, Afi Tuai Pujian dan Ancaman
Minggu, 04-06-2017 | 14:54 wib
Oleh : Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Asa Firda Inaya atau yang lebih akrab dikenal Afi adalah siswi SMA di Desa Ringin Agung, Kecamatan Gambiran sempat menghebohkan dunia maya dengan tulisan yang menjadi viral di Facebook.

Di mata keluarga, Afi dikenal sebagai sosok pendiam dan jarang bergaul dengan teman sebayanya. Siapa sangka karena kegemaranya menulis, gadis berusia 19 tahun tersebut, ini menjadi viral setelah menulis status tentang keberagaman agama yang dipandang kontroversial di tengah isu ramainya rasis.
 
Dalam tulisannya, Afi mengatakan , ia hanya ingin berpesan kepada setiap pemeluk agama boleh dan wajib mengimaninya sebagai agama yang paling benar. Meski demikian, namun jangan saling menyalahkan dan harus saling menghormati satu sama lain untuk menjaga toleransi, karena semua semata-mata hanya karena kehendak Tuhan.
 
Rasa prihatinnya tersebut dituangkan dalam beberapa status yang banyak mendapat respon positif dari para pengguna medsos lain.  Bahkan postingannya sempat dibagikan mencapai lebih dari 10 ribu kali.
 
Di tengah ketenaran gadis asal Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran tersebut juga mengaku, selama ini sering mendapat ancaman karena tulisan itu. Bahkan banyak ancaman, sampai akan dibunuh.
 
Pesan dan ancaman itu diterima melalui berbagai media, mulai dari inbox di Facebook, pesan Whatsapp, hingga telepon langsung. Atas ancaman itu, Afi tidak terlalu merisaukan. Ancaman itu dianggap bentuk tekanan agar berhenti menulis.
 
Menurutnya, orang-orang itu hanya ingin menakut-nakuti agar dirinya berhenti menulis, namun semua itu tidak pernah dihiraukan.
Akun Facebook milik Afi juga sempat dihack oleh seseorang yang tidak suka status tersebut. Namun pada akhirnya akun facebook milik Afi sudah bisa dipakai kembali.
 
Semangat dan perjuangan yang ditulis oleh Afi, membuat para aktivis organisasi putri Nahdlatul Ulama termotivasi dengan tulisan dan ingin terus belajar dari kepribadiannya. Ini diungkapkan Rikanita Ulfa, salah satu aktivis IPPNU.
 
Status Facebook Afi yang menjadi viral, juga berdampak positif bagi sekolah serta para guru dan teman sebayanya. Kini para guru bangga dengan hasil yang diraih oleh Afi. Kebanggaan ini disampaikan Slamet Riyadi, Waka Sekolah Bidang Kesiswaan.

Selain gemar menulis, ternyata Afi juga memiliki hobi membaca sehingga memiliki banyak koleksi buku di rumahnya. Bahkan menurut ibunya, dalam satu minggu, Afi bisa menuntaskan satu judul buku dan selesai dibacanya.
 
Berkat tulisannya, Afi mendapat beasiswa dari pemerintah daerah setempat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.(end)






Berita Terkait


Memberdayakan Warga Putus Sekolah Dengan Bisnis Kaligrafi

Pelanggan PSK Anak Korban Trafiking Jadi Tersangka

Polisi Surabaya Sudah Tangani 17 Kasus Suami Jual Istri Sejak 2017

Diendus Tempat Persembuyian, Pasutri Terduga Trafiking ABG Bandung Diciduk Polisi


Juara Hafidz Indonesia Pulang Haji Bersama Keluarga

Curi Motor Kakek, Pasutri M. Syafii dan Ninik Diadili

Imam Syafii, Background Jurnalis Menjadi Modal Melakukan Kontrol Sosial

Pelanggan PSK Anak Korban Trafiking Jadi Tersangka

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber