Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Marak Peredaran Upal, Komplotan Pengedar Uang Palsu Berhasil Diringkus
Rabu, 31-05-2017 | 16:57 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Pasuruan pojokpitu.com, Tim Buru Sergap Polsek Kraksaan berhasil membongkar komplotan pengedar uang palsu yang selama ini meresahkan warga Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Empat orang komplotan ini masing-masing berinisial MRS (42),  SWT (50), NNS (45) dan MTK (42). Ironisnya, tersangka MRS dan SWT mengaku, berprofesi sebagai sebagai pengacara. Sedangkan MTK merupakan janda. Mereka semua warga Probolinggo.
 
Terbongkarnya kasus uang palsu ini saat tersangka MTK membeli tahu tempe di sebuah warung dengan menyodorkan uang pecahan Rp 50 ribu.
 
Melihat uang pecahan Rp 50 ribu tidak seperti biasanya, korban selanjutnya menelepon ke salah satu anggota polsek setempat. Hasilnya, saat digeledah di jok motor tersangka, banyak tumpukan uang palsu.
 
Menurut MTK, tersangka, dia mengaku kapok membeli uang palsu, dia nekat membeli upal karena terbelit hutang kepada rentenir mencapai puluhan juta untuk keperluan Lebaran. Dari sanalah, dia membeli upal kepada tersangka MRS.
 
Sementara itu, menurut Kompol Hendy Kurniawan, Wakapolres Probolinggo, tersangka membeli upal ke tersangka MRS dengan perbandingan Rp 1 juta uang asli akan mendapat Rp 3 juta uang palsu dengan pecahan 50 ribu dan 100 ribu.
 
Selain berhasil mengamankan Rp 6,4 uang palsu pecahan uang 50 ribu dan 100 ribu, serta mengamankan Rp 25 juta uang asli hasil dari penjualan uang palsu.
 
Hingga saat ini polisi masih meyakini peredaran uang palsu di Probolinggo masih ada, khususnya jelang Hari Raya Idul Fitri ini. Pelaku biasanya membelanjakan upal ke pasar tradisional.
 
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka ini dipastikan bakal Lebaran di balik jeruji besi Mapolsek Kraksaan.(end)

Berita Terkait


Polres Bojonegoro Ungkap Kasus Curanmor dan Uang Palsu

Tiga Pelaku Pengedar Upal Berhasil Diamankan Polisi

Edarkan Uang Palsu, Polisi Amankan Warga Petemon

Polres Banyuwangi Bekuk Ibu Rumah Tangga Pengedar Uang Palsu


Tangkap Dua Pengedar, Polisi Sita Upal Rp 2,2 Juta

Puluhan Juta Upal dan Seorang Pengedar Diamankan Petugas

Download Lalu Diprint , Begitu Mahasiswa Ini Cetak Upal sendiri

Temuan Upal di Jatim Menurun
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber