Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Diduga Menipu, Tuna Rungu Diamankan Koramil
Selasa, 30-05-2017 | 20:59 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Kejanggalan surat keterangan perjalanan dan identitas anggota pramuka ini, akhirnya membuat Kartono, warga Sidoarjo yang mengaku tuna rungu ini ditahan oleh Koramil Rungkut.

Danramil Rungkut Mayor Supriyo Triwahono, sempat merasa janggal saat melihat surat keterangan jalan yang dikeluarkan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lampung Utara, per tanggal 27 Mei 2017.
 
Dalam keterangannya, Kartono, yang mengenakan seragam pramuka lengkap ini tengah melakukan perjalanan kaki, keliling Indonesia. Keanehan itu muncul saat Kartono datang ke Koramil hari ini, tertanggal 30 Mei 2017, dan meminta sumbangan.
 
Tentu saja, Danramil tak begitu saja percaya dengan keterangan yang dibuat oleh Kartono. Untuk memastikan keabsahan surat keterangan Gerakan Pramuka Kwarcab Lampung Utara itu, Danramil mendatangkan Ketua Kwarcab dan Kwartir Ranting Surabaya.
 
Hasilnya, surat keterangan yang dibuat oleh Kartono adalah palsu. Selain itu, kartu keanggotaan pramuka yang dipegang oleh Kartono, dinyatakan abal-abal. Bahkan, alamat KTP yang tertera Jalan Jenggolo Sidoarjo, adalah tidak ada.
 
Setelah melakukan pemeriksaan, Kartono yang mengaku tuna rungu ini diduga telah melakukan penipuan berulangkali ke sejumlah instansi di Surabaya dan Sidoarjo.
 
Bahkan, penipuan itu tampak jelas setelah Kartono yang mengaku tengah melakukan perjalanan kaki, diketahui mengendarai motor bebek bernopol W 3778 TQ.
 
Mayor Supriyo Triwahono, Danramil Rungkut, mengatakan, atas perttimbangan kemanusiaan, Danramil meminta agar Kartono membuat surat pernyataan untuk tidak melakukan penipuan lagi dan memberikan pembinaan. Jika hal itu terus dilakukan, pihaknya tak segan langsung melakukan penangkapan dan menyerahkan pelaku ke polisi.(end)

 
 


Berita Terkait


23 Keluarga Tertipu Rumah Murah Grand Mutiara Abadi

Puluhan Korban Sipoa Luruk Kejati Jatim

Tipu Saudaranya Sendiri, Pasutri di Pasuruan Diringkus

Dipercaya Jual Pete dan Alpukat Seberat 7 Kwintal, Malah Dibawa Kabur


Sekongkol Dengan Empat Teman, Pemuda Ini Lakukan Aksi Penipuan Gandakan Dollar

Hasan Aman Santoso Terdakwa Penipuan Penjualan Truk Diputus PT 10 Bulan Penjara

Pelaku Penipuan Rp 60 Juta Untuk Kerja di Disperindag Berhasil Diringkus Polres Malang

Jumlah Korban Penipuan Iwan Liman Terus Bertambah
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber