Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Komisi A : Zonasi PPDB SMP Wajib Dilakukan
Sabtu, 27-05-2017 | 09:19 wib
Oleh : M.Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Sistem zonasi yang akan diterapkan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) tingkat SMP masih tanda tanya. Di satu sisi, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomer 17 tahun 2017, tentang PPBD mengamanahkan adanya sistem zonasi. Akan tetapi kalangan eksekutif atau Dinas Pendidikan Magetan, mengisyaratkan tetap memakai sistem lama tanpa zonasi.

Menganggapi hal tersebut, anggota Komisi A DPRD Magetan, Gaguk Arif Sujatmiko, mengatakan, semestinya pemerintah menerapkan sistem zonasi dalam PPDB tingkat SMP tahun ini, sesuai dengan amanah Permendikbud diatas.

Dengan sistem zonasi, maka peserta didik lebih dekat dengan sekolahnya, dan bisa ada pemerataan kwalitas pendidikan. Tidak hanya didominasi sekolah tertentu yang notabene berada di perkotaan.

"Sistem zonasi juga diharapkan bisa menghindari pungli, saat orang tua berlomba-lomba ingin memasukkan anaknya ke sekolah favourit yang didominasi sekolah perkotaan," tutur Gaguk.

Dinas Pendidikan masih akan membahas sistem dan regulasi PPBD tingkat SMP. Sementara untuk tingkat SMA negeri, dipastikan akan memakai sistem zonasi, dengan empat zona sekolah yang telah ditetapkan oleh cabang Dinas Pendidikan Magetan.(end)

Berita Terkait


Komisi A : Zonasi PPDB SMP Wajib Dilakukan


Komisi A : Zonasi PPDB SMP Wajib Dilakukan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber