Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pelajar Lulusan IT Cetak Uang Palsu 100 Ribuan, Diringkus Polisi
Minggu, 21-05-2017 | 14:00
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Andika, pelajar asal Dusun Mlaten, Desa Mlirip Rowo, Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo, berhasil mencetak uang palsu pecahan 100 ribuan sebanyak Rp 3 juta.

Meskipun tidak sempurna, namun uang palsu 100 ribuan cetakan tersangka berhasil mengelabuhi tiga korban di kawasan Stasiun Krian. 
 
Menurut keterangan tersangka, dirinya mulai belajar mencetak uang palsu melihat dari tayangan youtube, sehingga ia berniat untuk membuatnya, sekaligus untuk mencetaknya. 

Hal pertama yang dilakukan tersangka adalah dengan membuat desain uang palsu dan selanjutnya mencetaknya dengan menggunakan kertas HVS biasa menjadi uang palsu pecahan 100 ribuan. Setelah ia mulai membuat hologram kertas, dan selanjutnya uang palsu cetakan dengan menggunakan mesin printer biasa.
 
Dilihat sekilas uang palsu buatan Andri sama persis seperti uang asli, namun karena tersangka hanya menggunakan alat sederhana, uang palsu tersangka masih banyak kekurangan, terutama pada warna dan terkesan buram.
 
Untuk menukar uang palsu dengan asli, tersangka selalu menukar uangnya di malam hari di toko klontong yang ada di wilayah Stasiun Krian Sidoarjo. Aksi tersangka baru disadari korban saat menukar uang dua kali senilai Rp 300 ribuan selama dua kali dalam seminggu.
 
Ketika hendak menukar uang untuk ketiga kalinya, korban sudah curiga dan melapor ke polisi. Ketika hendak menukar uang untuk ketiga kalinya, tersangka langsung ditangkap oleh Tim Reskrim Polsek Krian dan langsung dikeler ke rumah tersangka. 

"Dalam rumah tersangka, ditemukan uang palsu sebesar Rp 2 juta dalam pecahan 100 ribu yang masih belum dipotong oleh tersangka," tutur Kompol Widjanarko, Kapolsek Krian.
 
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini tersangka harus mendekam di Rumah Tahanan Polsek Krian karena melanggar KUHP 244  pasal  36 ayat 1 23, UU RI no 07 tahun 2011 tentang mata uang.(end)
 

 


Berita Terkait


Polisi Amankan Warga Dampit Pencetak Uang Palsu Ratusan Juta

Dua Pembuat dan Pengguna Upal Ditangkap

Polres Ngawi Imbau Warga Waspada Uang Palsu

Antisipasi Peredaran Uang Palsu dan Tindak Kejahatan, Polisi Lakukan Operasi


Download Lalu Diprint , Begitu Mahasiswa Ini Cetak Upal sendiri

Temuan Upal di Jatim Menurun

Belanjakan Upal Rp 4,5 Juta, Residivis Dibekuk Polisi

Pelaku Pengedar sekaligus Pemilik Upal Diringkus Polisi
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1221980','2017-11-24','14:34:21','46672','Pelajar Lulusan IT Cetak Uang Palsu 100 Ribuan, Diringkus Polisi ','54.80.60.91','1','desktop')