Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Goa Eksotik di Areal Tambang Batu Kapur, Rawan Runtuh
Sabtu, 20-05-2017 | 08:36
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Goa tambang ditemukan warga di bekas lahan tambang baru kapur, di Desa Banjar Agung, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Untuk masuk ke dalamnya, warga harus menunduk dan merangkak, karena pintu masuk yang begitu kecil dan terhimpit batu batuan galian tambang.
 
Namun setelah berhasil masuk, goa tambang ini ternyata sangat luas, persis seperti berada di dalam sebuah gedung pertunjukan. Stalakmit dan stalaktit yang diduga berusia ratusan tahun ini, membentuk sebuah ornamen berbentuk tonggak kayu menjulang, berbentuk seperti pohon jati.
 
Bahkan di atas langit langit, stalaktit yang terbentuk juga seperti ukiran jati yang bernilai seni tinggi. Proses alam tampaknya menjadikan goa ini tampak eksotis. 

Diduga goa ini masih hidup dan proses pembentukan stalakmit dan stalaktit juga masih berlangsung, karena di stalaktit yang menggantung ini, air masih menetes dari bebatuan yang berada di atas goa.
 
Namun sayang, karena ulah manusia yang tak bertanggung jawab, sejumlah stalakmit dan stalaktit sudah rusak, bahkan diantaranya dijarah. Diduga akibat penurunan  tanah, stalakmit yang berdiri kokoh menjulang berbentuk pohon jati ini, tampak retak di bagian atasnya, dan nyaris roboh.
 
Namun bagi anda yang penasaran dan ingin masuk ke dalam goa tambang ini, jangan harap bisa berlama lama. Karena aktivitas tambang batu kapur dengan menggunakan alat berat ini, mambuat goa rawan runtuh, karena hentakan mesin mesin pengeruk alam tersebut.
  
Sayangnya tidak ada upaya pelestarian dari goa yang selama ini ditemukan dari aktivitas penambangan kapur itu, karena tidak ada perhatian serius dari pemerintah setempat. Bukan tak mungkin keberadaan goa berarsitektur tinggi ini, akan hancur, akibat aktivitas tambang.(end)

Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber