Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Sangat Kreatif, Bikin Lampion Dari Amplop Angpao
Jum'at, 19-05-2017 | 21:10
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Limbah angpao , serta kertas dan tinta ternyata bisa dikreasikan menjadi sebuah kerajinan interior dengan nilai seni yang cukup menarik. Seperti yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa di Surabaya, yang membuat kerajinan lampion dari limbah angpao , serta goresan seni menulis kaligrafi dengan aksara Tionghoa.

Kreasi mahasiswa program studi desain interior Universitas Kristen Petra Surabaya, dalam tugas mata kuliah Chinese Interior. Dengan memanfaatkan limbah angpao , mahasiswa ini mengkreasikan menjadi sebuah kerajinan lampion yang cukup unik dan menarik.

Cara pembuatan lampion ini sangat mudah, hanya bermodalkan puluhan hingga ratusan lembar limbah angpao. Serta dengan sentuhan kreatifitas, kertas-kertas merah ini bisa disusun menjadi beragamm bentuk seni yang diinginkan. Mulai dari miniatur pagoda, lampion klasik, hingga bentuk hewan ayam.

Menurut Steffi Alyssandra Purwanto, mahasiswi pembuat lampion dari limbah angpao, pemilihan kertas angpaonya harus sama dan  membuatnya butuh 30 menit saja. "Lampion yang kita buat sederhana jadi nggak begitu rumit, soalnya berkaitan dengan dekorasi," kata Steffi.

Selain membuat kerajinan lampion dari limbah angpao, dalam tugas Chinese Interior ini, para mahasiswa juga membuat kerajinan seni tulis kaligrafi aksara Tionghoa. Seni tulis ini dibuat dengan guratan tinta menggunakan kuas dari negara tiongkok.

Kaligrafi yang dibuat oleh mahasiswa ini mengandung makna kehidupan, mulai dari panjang umur hingga kemakmuran. Tentunya dengan guratan kaligrafi aksara Tionghoa bisa digunakan untuk hiasan dinding ruangan yang menarik. (pul)

Berita Terkait

10-07-2016 | 05:24
Wuih , Senangnya Bersalaman Plus Dapat Amplop Lebaran dari Jokowi
18-08-2015 | 11:58
Datangi KPU Surabaya, Tim Rasiyo - Abror Bawa Amplop Cokelat


Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber