Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Operasi Pasar Bawang Putih, Menteri Pertanian Upayakan Harga Stabil
Jum'at, 19-05-2017 | 14:54 wib
Oleh : Arip Purwanto
Surabaya pojokpitu.com, Selama dua bulan penuh, pemerintah telah berupaya mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan dan Idul Fitri. Melalui Menteri Pertanian melakukan operasi pasar di Pasar Induk Osowilangun, Surabaya, Jumat siang.

Salah satu yang menjadi perhatian pemerintah adalah menstabilkan harga bawang putih di pasaran.

Sebanyak enam kontainer bawang putih, didatangkan untuk operasi pasar dan dijual kepada masyarakat dengan harga khusus. Ada tiga jenis bawang yang kali ini dijual, yakni bawang putih dari Tiongkok dijual Rp 23 ribu per kilogram , atau Rp 460 ribu per 20 kilogram.

Bawang putih dari India jenis super dijual Rp 15 ribu per kilogram atau Rp 300 ribu per 20 kilogram, dan dari India kualitas pertama dijual Rp 10 ribu per kilogram atau Rp 200 ribu per 20 kilogram.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menuturkan, pemerintah sejak dua bulan sebelum Ramadhan telah melakukan langkah-langkah untuk  mentabilkan harga kebutuhan pokok. Salah satunya adalah menyelidiki adanya indikasi penimbunan bawang putih hingga mengakibatkan harga bawang putih tinggi di pasaran, hingga mencapai Rp 64 ribu per kilogram.

Sementara itu, Lailatul Fitriyah, salah seorang pembeli, mengaku senang dan berterima kasih kepada pemerintah yang telah menggelar operasi pasar bawang putih karena beberapa pekan mengalami kenaikan hingga Rp 43 ribu per kilogram.

Untuk pasokan kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri, pemerintah menjamin stok aman, karena saat ini di gudang Bulog telah tersedia 2,2 juta ton, minyak goreng 1,5 juta liter, bawang 9 ribu ton dan semua kebutuhan bahan pokok semua dalam posisi stabil.(end) 

Berita Terkait


Operasi Pasar Sepi Pembeli Lantaran Harga Masih Mahal

Kementrian Perdagangan RI Operasi Pasar Murah di Pesantren

Dewan Minta Operasi Pasar Tepat Sasaran

Bulog Batasi Pembelian Bahan Pangan di Operasi Pasar


Bulog Jatim Operasi Pasar Tekan Kenaikan Harga Beras

Memasuki Musim Paceklik, Bulog Kediri Perpanjang Masa Operasi Pasar

Beras Mahal, Pimpinan Bulog Melakukan Operasi Pasar

Operasi Pasar Sepi Pembeli Lantaran Harga Masih Mahal
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber