Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat menjelang ramadhan, polisi berupaya keras untuk membongkar praktik kecurangan para produsen makanan di Surabaya. Foto Arip
Polisi Gerebek Gudang Pengolahan Roti Kadaluarsa
Jum'at, 19-05-2017 | 09:22
Oleh : Arip Purwanto
Surabaya pojokpitu.com, Tim Satgas Pangan Polrestabes Surabaya, membongkar home industri pembuatan tepung roti, yang terbuat dari roti kadaluarsa. Roti kadaluarsa tersebut, sedianya hanya digunakan untuk makanan ternak. Namun roti basi itu ternyata diolah kembali menjadi tepung dan digunakan untuk bahan dasar kue sumpia.

Gudang di Jalan Bulak Banteng Madya Gang 14 Nomor 13 Surabaya ini, juga menyimpan roti tidak layak konsumsi. Parahnya, roti bekas tersebut diolah kembali menjadi makanan atau camilan yang biasa disebut Kue Sumpia.

Sebelum menjadi kue yang biasanya dihidangkan saat lebaran idul fitri ini, roti kadaluarsa itu terlebih dahulu dikeringkan. Kemudian digiling menjadi tepung roti.

Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Kompol Bayu Indra Wiguno menegaskan, kegiatan ilegal ini sudah berlangsung selama kurang lebih satu tahun. Marwiyah, pemilik gudang mengaku membeli roti kadaluarsa tersebut dari Pasuruan.

Roti basi tersebut, sedianya akan digunakan untuk makanan ternak. Namun dari hasil temuan Tim Satgas Pangan Polrestabes Surabaya, roti itu diolah dengan cara dikeringkan. Lalu digiling hingga menjadi tepung roti, dan dijual kepada sejumlah home industri pembuatan roti.

Sementara itu, Budiono salah satu produsen kue sumpia mengaku tidak tahu, apabila tepung roti yang dibelinya berasal dari limbah roti atau roti kadaluarsa. Menurutnya, ia tertarik membeli tepung roti tersebut karena harga lebih murah daripada harga tepung roti di pasaran. Yakni sekitar Rp 4.500 per kilogramnya.

Guna proses penyidikan, gudang tempat menyimpan limbah roti kadaluarsa tersebut, disegel dan dipasang police line. Sementara Marwiyah pemilik gudang dan Budiono pembeli tepung roti tersebut diamankan ke Mapolrestabes Surabaya, guna pemeriksaan lebih lanjut. (pul)

Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber